Gitaris Nervosa, Punya Banyak Penggemar di Indonesia

Editor: Ivan Aditya

DITINGGAL teman yang sudah lama bersama dan berkarya, jelas menyedihkan. Apalagi yang meninggalkan dua orang sekaligus. Itu yang dialami Prika Amaral, pendiri dan gitaris Nervosa, band thrash metal asal Sao Paulo Brasil.

Akhir April lalu, Fernanda Lira (vokal, bas) dan Luana Damento (drum) cabut dari Nervosa. Prika merespons singkat kepergian dua sohibnya itu: “Apapun yang terjadi Nervosa tetap jalan. Nervosa tidak mati!”

Benar, hanya berselang 10 hari setelah hengkangnya Fernanda dan Luana, Prika mengumumkan personel baru Nervosa. Yaitu vokalis Diva Satanica, pebas Mia Wallace, dan drumer Eleni Nota.

Ternyata Fernanda dan Luana juga mengumumkan band barunya: Crypta. Menggamit gitaris Sonia Anubis Nusselder, dan gitaris Taina Bergamaschi.

Ingin tahu lebih dalam formasi baru plus masa depan Nervosa, KRJOGJA.com mengubungi Prika lewat Mesenger, minta wawancara.

Prika memberi balasan, menyilakan mengirim pertanyaan ke emailnya. Berikut wawancara dengan gitaris bernama lengkap Priscila dos Santos Amaral, kelahiran 29 Oktober 1985 itu.

Bagaimana masa depan Nervosa dengan formasi baru?

Kami sedang menulis lagu-lagu baru untuk album baru yang akan dirilis secepatnya. Kami gembira dengan lagu-lagu baru ini, dan sangat mengesankan respons para penggemar, produser dan pihak label. Kami menjadwal ulang semua jadwal yang telah kami tetapkan dan tertunda karena virus corona. Namun tahun depan kami siap sepenuhnya menjalani tur dan berkegiatan. Kami bahagia.

Audisi anggota baru sangat cepat. Apakah sebelumnya kamu telah mengenal mereka?

Aku mengikuti mereka di Instagram dan juga mengagumi mereka. Aku cepat-cepat karena semua penggemar meminta itu, walau semua promotor dari pentas kami konfirmasi agak sedikit khawatir dengan situasi ini. Itu hanya intens dua minggu, mengaudisi banyak gadis hingga ketemu Diva yang kukenal dia secara personal. Sebab dia bermain dengan bandnya Bloodhunter musim panas lalu di Eropa di beberapa pentas. Mia aku tahu dia bermain dengan Abbath. Tapi aku belum pernah bertemu dia sebelumnya. Eleni aku ketahui beberapa bulan sebelumnya. Dan dia menarik hatiku. Kami beberapa kali video call. Kami bicara banyak dan kami sangat senang bertemu saat pembatasan dibuka.

Bisakah cerita kepergian Fernanda dan Luana?

Aku pernah menduga sejak beberapa waktu lalu ini akan terjadi. Kami hidup bersama dan sangat intens dalam kondisi baik dan buruk. Kami punya perbedaan pendapat dan taste dalam segala hal. Kami tidak bekerja sama dengan baik di komposisi yang baru. Perpisahan itu sangat bagus. Tidak ada pertengkaran, normal, penuh damai.

Bagaimana tanggapan penggemar terhadap anggota baru?

Kami menerima respons mengagumkan dari banyak penggemar. Hampir semua suka melihat yang akan terjadi ke depan. Mereka ingin melihat kami main bersama dan mereka ingin mendengar lagu-lagu baru kami.

Pernah dengar tentang Indonesia?

Sure! Kami punya banyak penggemar dari Indonesia. Kami siap merilis beberapa suvenir dengan perusahaan di sana. Aku merasa kecewa bila pergi ke Asia tidak konser di Indonesia. Aku sungguh berharap itu bisa terjadi pada waktu mendatang.

Ada rencana pentas di Indonesia?

Pasti kami akan tur ke Asia tahun depan lagi. Dan aku akan senang pergi di banyak negara dan kota di Asia. Kami bekerja keras mewujudkan ini. Maka jika ada promotor tertarik (mementaskan Nervosa), silakan kirim (permintaan) ke kami.

Siapa musisi yang menginspirasimu?

Gitaris utama adalah Kerry King dan Jeff Hanneman, Alex Skolnick, Gary Holt, Dimebag, Jimi Hendrix, dan Tony Iommi. Lalu kalau band, ada Slayer, Metallica (4 album pertama), Sepultura, Testament, Destruction, Napalm Death, Vader, Kreator, Morbid Angel, Judas Priest, dan lainnya.

Brasil merupakan negara sepakbola. Apakah kamu juga suka sepakbola?
Aku suka. Namun aku lebih suka Piala Dunia. Aku menyaksikan hampir semua pertandingan (Piala Dunia).

Terima kasih, Prika.

Terima kasih banyak atas kesempatan ini. Aku berharap berjumpa banyak orang secepatnya. Stay tuned! (Latief Noor Rochmans)

BERITA REKOMENDASI