Hari Ini Film Aquaman Dirilis di Indonesia

AQUAMAN akhirnya dirilis! ’’Anak tunggal’’ Warner Bros. dan DC Comics untuk 2018 tersebut ditayangkan kali pertama di Tiongkok pada 7 Desember.

Di Indonesia, film yang dibintangi Jason Momoa dan Amber Heard itu rilis perdana hari ini, Rabu (12/12/2018). Meski belum ada rating dan ulasan resmi, Aquaman pantang dilewatkan.

Buktinya, film besutan James Wan tersebut sudah memecahkan rekor pendapatan rilis film Warner Bros. di Tiongkok. Yakni, hanya dalam waktu tiga hari telah mengantongi USD 93,6 juta (Rp 1,36 triliun). Catatan itu lebih tinggi daripada pemegang rekor sebelumnya, Ready Player One. Bahkan, selisihnya mencapai 66 persen.

Wan langsung merayakannya di Twitter. ’’Terima kasih Tiongkok atas promosi dari mulut ke mulutnya,’’ cuitnya.

Dia menyatakan, Aquaman menghadirkan suasana baru di tengah ramainya film superhero. Soalnya, film tersebut dibuat dengan ciri khasnya. Tidak sekadar memenuhi keinginan pasar.

’’Penting buatku membawa ’stempel’ diriku, konsep visual dan estetikku, serta membawa karakter baru,’’ papar Wan sebagaimana dikutip ComicBook.

Sosok Aquaman yang sudah tampil di Justice League tahun lalu juga dibuat berbeda. Lebih segar. Bukan karena Jason Momoa –pemeran Arthur si keturunan kerajaan Atlantis– sering beradegan dengan deburan air, tapi memang filmnya lebih fresh.

Hal tersebut diakui Jason Momoa. Di film solonya, dia dituntut mengeksplorasi banyak sisi Aquaman. Dia mengakui, ada kesamaan antara dirinya dengan karakter yang punya alter ego Arthur Curry itu. Yakni, sama-sama blasteran. Curry digambarkan separo manusia, separo makhluk Atlantis.

’’Dia tidak diterima di dua tempat tersebut. Aku bisa memahaminya. Aku adalah kelahiran Hawaii, namun besar di Iowa,’’ ungkapnya. Penggambaran itulah tidak ditampakkan di Justice League.

Aquaman yang lebih manusiawi dinilai Momoa sebagai kesempatan bagus buat memamerkan kemampuan aktingnya. Soalnya, selama ini, dia hanya dikenal gara-gara badan kekarnya.

’’Nyatanya, aku adalah drama queen selama syuting. Aku menangis terus-terusan,’’ paparnya ketika mengikuti sesi press tour di Inggris.

Bila karakter Aquaman digambarkan lebih rapuh, beda ceritanya dengan Queen Mera yang diperankan Amber Heard. Ratu Atlantis itu digambarkan sebagai seorang ratu sekaligus petarung yang sangar.

Dengan karakter pahlawan super cewek yang tangguh, Heard berharap Mera bakal dapat slot film sendiri. Dia bahkan terang-terangan ingin berkolaborasi dengan Wonder Woman, superhero yang diperankan Gal Gadot. ’’Mereka bakal jadi duo yang keren banget. Ayo kita wujudkan, Warner Bros.,’’ ucapnya.

Berbekal hasil positif di Tiongkok, pihak Warner Bros. dan DC Comics pun optimistis mematok target besar di Amerika Utara. Di sana, Aquaman baru tayang pada 21 Desember. Bersamaan dengan Bumblebee dan Mary Poppins Returns. Mereka yakin film dengan setting bawah laut itu mampu menembus USD 65 juta (Rp 946,9 miliar) di akhir pekan perdananya.

’’Kalau target tersebut tercapai, Toby Emmerich (chairman Warner Bros. Pictures Group) akan mempertimbangkan sekuel,’’ ungkap salah seorang sumber sebagaimana dikutip Hollywood Reporter. (*)

BERITA REKOMENDASI