Hari Ini JAFF Mulai Tayangkan 114 Film dari 22 Negara

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 114 Film dari 22 Negara secara resmi mulai diputar dalam Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF), Sabtu (2/12/2017). Festival film yang menginjak usia 12 ini mengusung tema 'Fluidity' atau fleksibilitas (kelenturan).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan JAFF tahun ini jauh lebih lama yaitu sepanjang 1-8 Desember 2017 di berbagai tempat seperti Taman Budaya Yogyakarta, Cinema XXI dan CGV Cinemas.

Minat masyarakat untuk menyaksikan JAFF 2017, terbukti pada tanggal 30 November 2017, 2.500 tiket online telah terjual dan tiket online dari 16 film yang tayang di JAFF terjual habis dalam waktu satu minggu. 

Penonton masih dapat mengakses pembelian tiket on the spot untuk film-film yang sudah terjual habis secara online. Pembelian tiket dapat dilakukan di masing-masing tempat pemutaran mulai dari satu jam sebelum film diputar.

Perhelatan Jogja-NETPAC Asian Film Festival telah resmi dibuka dengan menggelar upacara pembukaan pada 1 Desember 2017 pukul 19.00 WIB di Taman Budaya Yogyakarta. Rangkaian upacara pembukaan ini akan diawali dengan sambutan dari berbagai pihak seperti Budi Irawanto selaku Direktur Festival JAFF, Endah Wahyu (BEKRAF), Choi Yoon (Busan Film Commission), Tsukamoto (Japan Foundation) dan Garin Nugroho selaku pembuat film Nyai.

Sebelum menyaksikan suguhan utama JAFF pada upacara pembukaan, penonton diberi kejutan dengan penampilan video mapping di dalam gedung Societed Taman Budaya Yogyakarta. Hadir dengan syair macapat Maskumambang, puisi Jawa tersebut diterjemahkan oleh sekelompok seniman muda Jogja dengan latar disiplin seni yang berbeda-beda. 

Turut hadir dalam penampilan tersebut, Paksi Raras Alit (Penyanyi), Sekar Sari (Penari/Aktris), Raphael Dhony (Motion Director), Dhanak Pembayun (Music Director), dan Banjar Triandaru (Lighting Designer). Pertunjukan kolaborasi ini adalah salah satu bentuk bagaimana seni itu sangat cair (fluid) sama halnya dengan sinema yang pada perkembangannya adalah hasil dari berbagai disiplin kesenian.

"JAFF tahun ini mengusung tema 'Fluidity', ini untuk mengambarkan film itu sangat cair. Bisa dilihat dari bentuk-bentuk kolaboratif yang ada di film itu sendiri," kata Garin Nugroho, penggagas JAFF. Info lengkap penyelenggaraan JAFF 2017 bisa diakses di https://jaff-filmfest.org/. (Apw)

BERITA REKOMENDASI