Heboh Kerajaan Baru, Jadi Inspirasi Jo’ong Bikin Film ‘Kerajaan Ilmu’

JELEKONG, salah satu desa di daerah Jawa Barat menjadi topik utama di film pendek Tri Joko Purnomo alias Jo'ong, 'Jerami' (Jelekong Rampai Ilmu). Di film ini Jo'ong melibatkan anak-anak penduduk setempat dalam proses produksinya. Film berdurasi sekitar 12 menit, ia produksi sendiri mulai dari proses shooting hingga editing dan semuanya tanpa naskah.

Jo’ong membimbing mereka tanpa skenario, karena menurutnya masing-masing orang mampu berakting, tujuannya belajar interaksi,  percaya diri dan latihan jujur pada diri sendiri.

Hal yang paling seru menurut Jo'ong, anak-anak tersebut bermain film tanpa casting, tanpa naskah semuanya berjalan begitu saja, bahkan mereka merasa ketagihan untuk diajak main film lagi. Jo’ong tidak banyak mengalami kesulitan selama proses produksi film, Ia hanya sempat mengalami sedikit kecapekan karena kamera hanya satu sehingga Ia menjadi seorang cameramen yang sekaligus sebagai pengarah gaya. Proses shooting sehari, hari berikutnya shoot kecil sebanyak 3 kali.

'Jerami' menceritakan tentang taman bacaan di Desa Jelekong, bermula dari ibunda yang memberi rak buku dan buku bekas akhirnya diteruskan hingga menjadi taman bacaan gratis. Film ini sangat berdampak bagi pemerintah setempat, “dampaknya setelah buat film lurah setempat langsung datang, dan dosen Maranata Bandung juga datang,” tutur Jo’ong.

Dunia perfilman sudah tidak asing lagi bagi Joko Tri Purnomo, pria Bandung yang pernah mengenyam pendidikan di Unversitas Sarjanawiiyata Taman Siswa (UST) Yogyakarta. Joko mulai menggeluti dunia perfilman sejak tahun 2011, mulai belajar dengan WS Rendra, Teguh Karya, dan Nano Rinatiarno. Saat ini Ia mulai mencoba memberanikan dini menjadi penulis skenario, sutradara, kameramen dan editing.

Tahun 1994 mendirikan Sanggar suwung, Doni Suwung salah satunya yang masih eksis. Hingga saat ini Ia sudah produksi sebanyak  12 film pendek fiksi durasi 7-20 menit. Sederet prestasi pernah diraih oleh pria paruh baya ini diantaranya menyabet juara ke-2 di acara Kilau Emas Antv 2011, masuk dalam kategori 30 besar nasional movie festival, dan 50 besar nominasi festival film Jawa Barat.

Saat ini Jo’ong sedang mempersiapkan film berikutnya bertajuk Kerajaan Ilmu. “Karena ada momen munculnya kerajaan baru, maka saya mau bangun kerajaan baru juga namanya kerajaan ilmu,” candanya.

Di film ini ia memberikan ruang positif bagi anak anak untuk bermain dan mengenal dunia baru di film, belajar interaksi dan bersosialisasi, dan mengembangkan bakat bagi anak anak baik di dunia seninya. Dalam film 'Kerajaan Ilmu' nantinya juga bakal ada kirab pawai dan uniknya semua kostum prajurit 'Kerajaan Ilmu' terbuat dari daun-daunan sekitar yang dibuat kostum, senjata senapan dan kuda dari pelepah pisang, ketapel, tombak dari bambu dan masih banyak keseruan yang masih dirahasiakan.(*)

BERITA REKOMENDASI