Inul Daratista Angkat Dangdut Hingga Manca Negara

Editor: Ivan Aditya

TOTALITAS Inul Daratista dalam bermusik dangdut tak diragukan lagi. Tidak hanya di dalam negeri, pedangdut yang dikenal dengan goyang ngebor ini bahkan mempopulerkan dangdut hingga ke manca. Tak heran jika kemudian pemilik nama asli Ainur Rokhimah ini disejajarkan dengan diva dangdut tanah air.

“Bukan hanya TKW saja, warga di negara tersebut juga menggemari dangdut. Saat konser di luar negeri mereka juga menikmatinya,” kata istri Adam Suseno dalam wawancara virtual beberapa hari lalu.

Inul lalu teringat saat ia konser di Amerika Serikat beberapa tahun lalu. Ketika itu gelaran musik dihelat di tempat teater yang mahal. Bukan hanya warga Indonesia di Amerika saja yang datang, bahkan para bule juga memenuhi gedung dan berjoget mengikuti irama musik.

“Dangdut tidak murahan, aku buat eksklusif saat itu dan yang menikmati para bule. Dangdut bisa digelar di tempat yang megah, itu sangat luar biasa,” imbuhnya.

Namun rencana Inul untuk terus memasyarakatkan dangdut di negeri orang tak seperti ia rencanakan. Pandemi yang berlangsung hampir dua tahun ini memaksa Inul harus menghentikan tournya untuk sementara waktu.

Padahal agenda konser di Amerika sudah terjadwal rapih, kontrak ke Korea dan Taiwan juga sudah ia tandatangani bersama. Namun semua itu terpaksa harus ditunda hingga waktu yang belum bisa diketahui.

“Kalau urusan konser sebenarnya harus ke Amerika, tapi karena kondisi Covid-19 jadi ketunda. Ada kontrak ke Korea dan Taiwan juga harus tertunda, akhirnya dimundurin entah sampai kapan. Kalau offair sudah jalan saat ini,” ungkapnya.

Inul optimis musik dangdut akan terus berkembang, apalagi saat ini telah banyak penyanyi baru bermunculan. Ia berharap musik dangdut akan tetap eksis dan terus mendunia dengan warna yang tentunya lebih kaya lagi.

Kendati saat ini banyak bermunculan berbagai aliran dangdut, namun Inul tetap konsisten dengan jalur musik dangdut grande yang telah membesarkan namanya. Bahkan lagu Mawar Putih yang dibawakannya sempat viral menghiasi jagat maya beberapa bulan lalu.

“Kemarin teratmentnya aku bikin grande, terpepas dangdut zaman sekarang yang lagi hits seperti kolopo. Sebenarnya ada keinginan ke situ (dangdut koplo), tapi bukan waktunya lagi. Biar yang muda-muda saja, kalo aku yang grande-grande aja,” pungkasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI