Istri Hasmi Ungkap Rahasia Nama Gundala

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Gundala ‘Putra Petir’ adalah komik legenda superhero Indonesia yang dibuat pertama kali oleh Hasmi (Harya Suraminata) tahun 1969 lalu. Namun mungkin hingga saat ini, banyak pecinta tokoh Gundala yang belum mengetahui dari mana nama Gundala tersebut didapatkan oleh sang pencipta.

Hasmi telah tutup usia pada 6 November 2016 lalu di usia 69 tahun. Namun, karya komik superhero Indonesia yang dinaungi di bawah Bumilangit diteruskan oleh komikus-komikus Bumilangit hingga saat ini.

Belum sempat bercerita, sang istri Hasmi yakni Mujiyarti “Plenok” pun menyampaikan rahasia di balik makna nama Gundala yang akhirnya dipilih sang suami pada tahun 1969 lalu. Menurut Plenok, Gundala didapatkan Hasmi dari bahasa Jawa petir.

“Beliau itu terinspirasi dari Ki Ageng Sela yang punya kesaktian bisa menangkap petir. Gundolo itu kan petir dalam Bahasa Jawa jadi itulah awalnya muncul tokoh Gundala pada tahun 1969 lalu. Tokoh sakti di Tanah Jawa itulah yang menginspirasi beliau menciptakan Gundala,” ungkapnya di sela meet and greet cast film Gundala di JCM Sabtu (10/8/2019).

Saat mencari ide diakui Plenok, almarhum suaminya sering kali berjalan mondar-‘mandir di rumah sampai berjam-jam. “Nanti kalau dapat ide langsung digambarkan dalam komik, dulu satu buku komik diselesaikan dalam waktu 4 hari saja,” kenangnya.

Keluarga menurut Plenok pun merasa begitu bahagia saat Gundala diangkat menjadi film layar lebar tahun ini. Apalagi, pembesutnya adalah Joko Anwar yang dinilai sebagai salah satu film maker handal tanah air.

“Kami sangat senang dan bahagia karena Pak Joko Anwar yang memproduksi, kita tahu bersama beliau ini sutradara yang diakui di Indonesia bahkan dunia. Banyak yang mengapresiasi karya almarhum Hasmi dan bagi keluarga, ini sangat berarti,” sambung dia.

Pihak keluarga pun berharap film Gundala bisa diterima masyarakat Indonesia dan kedepan bakal diproduksi berkelanjutan. Terlebih, Hasmi bersama Bumilangitnya selama ini memproduksi tokoh-tokoh superhero Indonesia yang beragam. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI