JAFF 2021 Dihadiri 10.000 Penonton, “Kadet 1947” Raih Best Film

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com- Pemutaran Film Cinta Pertama, kedua, dan Ketiga, menutup perhelatan JogjaNETPAC Asian Film Festival (JAFF) 16 ‘Tenacity’ pada Sabtu, 4 Desember 2021. Selama delapan hari, tercatat lebih dari 10.000 penonton turut merayakan perkembangan sinema Asia Pasifik di Empire XXI Yogyakarta. Sebanyak 115 film dari 15 negara Asia Pasifik meramaikan pagelaran JAFF tahun ini, diantaranya adalah Memoria (2021), Pages (2021), Dear To Me (2021), dan  film Rehana Maryam Noor (2021) dari Bangladesh.

Tampak pula beberapa actor dan filmmaker yang menghadiri festival diantaranya Umay Shahab, Prilly Latuconsina dari Kukira Kau Rumah (2021), Ernest Prakasa sutradara dari Teka Teki Tika (2021) dan Reza Rahardian pemeran Tris (2021), Christine Hakim dan Ayushita dari Just Mom (2021), dan masih banyak lagi.

Pada penutupan kali ini, Ari Wulu beserta Komunitas Gayam 16 dan Caesar King kembali menjadi awalan sebelum film dimulai. Sebelumnya dibacakan penganugerahan kepada film terbaik Asia dengan beberapa kategori, yaitu  Pemenang Golden Hanoman Award dan NETPAC Award diberikan kepada film Taste dari Lê Båo, film ini bercerita tentang Bassley, pesepakbola asal Nigeria yang tinggal di Vietnam, sudah tidak mampu untuk mencari nafkah sejak kakinya patah. Golden Hanoman Award merupakan penghargaan terhadap Film Asia Terbaik pertama melalui penjurian dalam program Main Competition. Sedangkan NETPAC Award adalah penghargaan yang diberikan oleh Network for the Promotion of Asia Pacific Cinema (NETPAC) sebagai bentuk apresiasi terhadap karya sutradara Asia untuk karya film pertama dan kedua yang memberikan kontribusi sinematik yang dinilai penting bagi gerakan sinema baru Asia.

Penghargaan Silver Hanoman Award diberikan kepada dua film terbaik Asia, Yuni karya Kamila Andini tentang seorang gadis remaja cerdas dengan impian besar untuk kuliah. Dan Vengeance is Mine, All Others Pay Cash karya Edwin yang bercerita tentang Ajo Kawir, seorang jagoan yang tak takut mati. Hasratnya yang besar untuk bertarung didorong oleh sebuah rahasia — ia impoten.

BERITA REKOMENDASI