Jarang Diketahui Publik, Ini Sisi Lain Ani Yudhoyono

ANI YUDHOYONO dikenal sebagai istri yang setia. Dia berpuluh tahun mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono sebagai tentara, dalam suka maupun duka. Selama sepuluh tahun pula Ani Yudhoyono menjadi Ibu Negara, mendampingi SBY yang menjabat sebagai presiden selama dua periode.

Meski menjadi istri tentara dan Ibu Negara, Ani Yudhoyono juga mengisi hari-harinya sebagai ibu rumah tangga. Dia juga tidak meninggalkan hobinya. 

Sudah banyak orang tahu kehidupan Ibu Ani sebagai Ibu Negara. Tapi, mungkin belum banyak orang yang mengetahui sisi lain Ibu Ani sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga.

Berikut ini sejumlah sisi lain Ibu Ani semasa hidupnya, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber:

Beres-Beres dan Menata Rumah

Sebagai istri pejabat negara, tentu Ibu Ani punya banyak asisten tumah tangga. Bila ingin membereskan rumah, bisa saja meminta para asisten untuk melakukannya.

Namun, Ibu Ani rupanya senang membereskan rumahnya sendiri. Dia juga suka menata rumah.

"Mungkin tidak tahu kegiatan saya di rumah, di rumah saya senang beres-beres. Beres-beres rumah hobi saya juga, menata rumah," kata Ibu Ani.

Berkebun

Ibu Ani Yudhoyono juga memiliki hobi unik yakni membereskan arsip-arsip. " Membereskan arsip-arsip ataupun surat-surat berharga," kata Ibu Ani.

Hobi lain adalah berkebun. Lihat saja rumahnya yang berlokasi di Puri Cikeas, Jawa Barat. Kediaman itu penuh dengan tanaman dan bunga-bunga, sehingga suasana rumah lebih asri dan sejuk.

Karena kecintaannya pada berkebun, Ibu Ani mendapat julukan dari keluarganya sebagai Menteri Pertamanan dan Menteri Perkebunan.

Fotografi

Mungkin hobi terhadap fotografi sudah diketahui banyak orang. Ibu Ani menceritakan hobinya bermula karena sang ayah yang juga menyukai fotografi. Kemudian kegemaran sang ayah, menular kepada dirinya yang juga menyukai fotografi. Dalam dunia fotografi, dia mengaku belajar secara otodidak.

"Itu yang menyebabkan saya senang, yang menjadi sasaran awal itu keluarga, anak-anak," kata Ibu Ani.

Bukan hanya keluarga yang menjadi objek foto, bunga-bunga yang ditanam di pekarang rumahnya juga menjadi objek foto mantan Ibu Negara. Kini foto-foto Ibu Ani bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia melalui akun instagram Ani Yudhoyono.(*)

BERITA REKOMENDASI