‘Kenapa Harus Bule’, Film Komedi Satir Bule Hunter di Indonesia

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dewasa ini fenomena tentang keberagaman di berbagai hal mencuat di Indonesia. Banyak yang kemudian terjebak pada kebiasaan penghakiman tanpa tahu hal sebenarnya. 

Fenomena inilah yang coba dituangkan sutradara Andri Cung dalam film terbarunya berjudul 'Kenapa Harus Bule'. Film bergenre komedi ini mulai tayang di bioskop seluruh Indonesia sejak 22 Maret 2018. 

Bekerjasama dengan produser Nia Dinata dan Viu Indonesia, film Kenapa Harus Bule mengangkat cerita seorang perempuan Indonesia bernama Pipin yang tergila-gila dengan lelaki bule, atau yang kini kerap disebut bule hunter. 

Pipin memiliki tujuan mencari pendamping hidup seorang laki-laki bule yang bahkan sampai mengesampingkan kebutuhan dirinya yang sebenarnya. 

"Cerita ini ada di sekitar kita di mana banyak perempuan Indonesia yang berpasangan dengan lelaki bule namun kita tidak tahu cerita mereka sebenarnya hingga terjebak sering menghakimi dengan orientasi buruk. Film ini ingin menunjukkan salah satu cerita bahwa ada cerita atau alasan tersendiri di balik perempuan Indonesia yang begitu mengharapkan lelaki bule sebagai pasangannya," ungkap Andri Cung dalam diskusi media Jumat (23/3/2018) di Sleman Creative Space. 

Sementara produser Nia Dinata mengungkap film yang bergenre komedi ini ingin menampilkan sosok protagonis perempuan Indonesia yang berbeda dari film lain. Sosok Pipin yang sebenarnya jauh dari stigma cantik perempuan Indonesia nyatanya mampu memperlihatkan ketangguhan perempuan sebenarnya. 

“Film ini menunjukkan karakter bahwa perempuan itu beragam tak harus jadi atribut sesuatu yang ditanamkan masyarakat. Tokoh protagonis perempuan Indonesia bisa bentuknya macam-macam, harapannya sih ini bisa menunjukkan masyarakat Indonesia karena belum ada yang mengangkat film perempuan bule hunter,” ungkap Nia. 

Di film tersebut, aktris serba bisa Putri Ayudya didapuk menjadi pemeran utama Pipin yang mampu menampilkan sosok ‘bule hunter’. Beberapa pemeran lain yang tak kalah berkualitas pun ikut serta dalam film seperti Cornelio Sunny, Michael Kho dan Natalius Chendana. 

Bagi Viu sendiri, Kenapa Harus Bule merupakan film original pertama di Indonesia. 90 persen latar pengambilan gambar pun dilakukan di Bali yang sekaligus menunjukkan keindahan alam Indonesia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI