Leonardo DiCaprio Bantah Danai WWF

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Leonardo DiCaprio membantah dirinya adalah salah satu donor WWF (World Wide Fund), organisasi yang dituding Presiden Brasil Jair Bolsonaro berkontribusi pada kebakaran hutan Amazon. 

"Rakyat Brasil bekerja untuk menyelamatkan warisan alam dan budaya mereka. Meski layak mendapat dukungan, kami tidak mendanai organisasi yang ditargetkan," kata DiCaprio.

Sebelumnya Bolsonaro menyebut WWF dengan sengaja membayar pada relawan pemadam kebakaran untuk mendapatkan foto hutan Amazon yang terbakar. "Lalu apa yang dilakukan para relawan? Apa hal yang paling mudah? Membakar hutan itu lalu mengambil foto dan videonya," kata Bolsonaro. 

Bolsonaro tanpa memberikan bukti kemudian menuding DiCaprio juga memberikan dana pada WWF. "WWF berkampanye melawan Brasil, lalu mengontak DiCaprio yang mendonasikan 500 ribu dolar," ujarnya. 

"Sebagian uang itu masuk pada orang-orang yang membakar hutan. Leonardo DiCaprio, Anda berkontribusi pada kebakaran hutan di Amazon. Ini tidak diperbolehkan."

DiCaprio sendiri dikenal sebagai salah satu aktivis yang memerangi kerusakan alam. Ia kerap berbicara tentang masalah lingkungan, termasuk kebakaran hutan di Amazon. (*)

BERITA REKOMENDASI