Lewat Komik dan Film, Marcella Zalianty Kenalkan Laksmana Keumalahayati

JAKARTA, KRJOGJA.com – Produser Marcella Zalianty mengangkat kisah heroik Laksamana Keumalahayati dalam bentuk komik agar masyarakat mengenal lebih luas sosok pahlawan perempuan asal Acxeh ini.

Kisah tersebut ditulis oleh Edna Caroline, melibatkan dua komikus Ardian Syaf, dan Aris Naka Abee. Peluncuran komik Keumalahayati ini dilakukan di Gedung Perpustakaan Nasional, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (21/05/2018) .

"Pembuatan komik ini  dari 'spirit' kisah jagoan fiktif Wonder Woman,  karena Indonesia negara maritim terkuat, kami pinjam kisah Keumalahayati, tokoh maritim yang kuat," ucap Marcella dalam peluncuran komik Keumalahayati di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat.

Marcella menjelaskan mengangkat figur Keumalahayati merupakan tanggung jawab sejarah. Figur laksmana perempuan pertama Indonesia itu penting untuk dikenal generasi muda masa kini.

"Keumalahayati memberikan semangat dan inspirasi kepada kita bahwa perempuan bisa menentukan nasibnya sendiri. Keumalahayati bagi saya mempresentasikan sosok yang, ibaratnya, bukan lagi tanah yang menumbuhkan, melainkan sebagai laut yang menyuarakan keberanian karena harga diri tanah airnya merupakan harga dirinya sebagai perempuan," lanjutnya.

Agar sosok Keumalahayati bisa mudah dekat dengam kaum muda Indonesia, Marcella Zalianty memilih medium komik. Komik identik dengan generasi muda. "Kami mulai dengan komik supaya bisa masuk ke generasi millenials. Komik dengan gambar visual bisa masuk ke semua golongan," ucap Marcella.

Komik Keumalahayati edisi pertama diterbitkan dalam 40 halaman oleh Penerbit KPG. "Insya Allah rencananya ada dua episode dan ada special edition, karena tidak mungkin semua kami ceritakan di komik. Jadi, dalam komik kami buat prolog. Yang penting masyarakat dan generasi muda sudah memahami tokoh Keumalahayati ini," kata Marcella.

Laksamana Keumalahayati yang tahun lalu ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional, adalah perempuan pejuang dari abad ke 16 di Kesultanan Aceh Darussalam.
Keumalahayati memimpin pertempuran memimpin para perempuan pejuang lainnya yang diberi nama "Inong Balee" atau lasykar para janda.

Selain itu  Marcella Zalianty berencana mengangkat sosok perempuan heroik dari Tanah Aceh ini dalam film layar lebar. Guna mewujudkan gagasan tersebut, Marcella telah menemui Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansayah di Banda Aceh belum lama ini.(ati)

 

BERITA REKOMENDASI