Mencintai Malaikat di Dunia Melalui ‘Tentang Ibu’

Editor: Ivan Aditya

PENGGEMAR film tanah air bakal disuguhkan tontonan menarik pada Desember mendatang. Film ‘Tentang Ibu’ hadir menghiasi layar kaca dengan sederet bintang berpengalaman yang berperan di dalamnya. ‘Tentang Ibu’ tak hanya sekedar film, namun juga ajakan untuk mencintai malaikat di dunia ini yakni sosok seorang ibu.

‘Tentang Ibu’ bercerita tentang seorang anak yang berkeliling Indonesia untuk mencari ayahnya. Hanya berbekal foto pernikahan orang tuanya dan sebuah kain milik sang ayah, Faiz (Khavi Iskak) berjuang untuk dapat berjumpa dengan bapaknya.

Pencarian itulah yang membawa Faiz harus berkeliling di lima pulai tanah air. Di setiap pulau ia selalu menanyakan perihal kain dibawanya itu dan menelusuri jejang ayah yang telah lama meninggalkannya.

Selama tujuh hari tujuh malam mencari Faiz lagu-lagu daerah menemaninya mulai dari Ampar Ampar Pisang (Banjarmasin), Kampuang Nunjauh di Mato (Padang). Ada pula Lir-Ilir (Yogyakarta), Sio Mama (Ambon) hingga Yamko Rambe Yamko (Sorong Papua).

Dari pencarian itulah Faiz menjumpai kekuatah figur seorang perempuan. Walau bertemu dengan berbagai perempuan di lima pulau berbeda, namun ia menemukan kesamaan dalam sosok diri seorang ibu.

‘Tentang Ibu’ disutradai oleh Melanie Subono. Ia mengatakan jalan cerita ‘Tentang Ibu’ cukup kompleks, namun intinya seorang bernama Faiz ingin membahagiakan ibunya yang diperankan oleh Jajang C Noer.

“Dari sini ada pesan bagaimana kita menghormati dan mencintai seorang ibu. Ada pula nilai-nilai kearifan lokal tersaji di dalamnya,” kata musisi dan aktivis ini dalam salah satu wawancara virtual beberapa waktu lalu.

Anak kandung Adrie Subono ini mengatakan melalui ‘Tentang Ibu’ ia ingin memperkenalkan indahnya budaya Indonesia yang tak dimiliki negara lain di dunia. Film ini menurutnya juga akan membangkitkan kembalai kecintaan terhadap budaya dan bangsa yang saat ini perlahan luntur.

Melanie Subono mengungkapkan butuh waktu tiga tahun untuk mendapatkan ide cerita film ini. Ia mengaku salah satu yang menginspirasi ‘Tentang Ibu’ yakni pesan dari Almarhum BJ Habibie akan makna dari kata ‘Ibu’.

“Bukan hanya sekedar sosok perempuan, tapi sebuah wujud seperti ibu bumi, ibu pertiwi. Tiap daerah ada bahasa ibu yang menjadi ciri khasnya,” kata Melanie Subono.

‘Tentang Ibu’ bisa mulai di tonton di Vidio.com mulai 1 Desember mendatang. Sedangkan di layar kaca akan tayang di SCTV pada 22 Desember. (Van)

BERITA REKOMENDASI