Oscars ke 91, Marlina Si Pembunuh Wakili Indonesia

FILM Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Marlina the Murderer in Four Acts) responnya bertambah. Karya sutradara Mouly Surya itu menjadi submisi Indonesia untuk Best Foreign Language Oscars ke-91. Komite seleksi yang terdiri atas 13 orang dan diketuai Christine Hakim mengumumkannya di Jakarta pekan lalu.

Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Academy Awards atau Oscar menunjuk Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) untuk memilih satu film Indonesia. Film tersebut akan mewakili Indonesia pada kategori Best Foreign Language 2019. 

Marlina terpilih dari 101 film Indonesia yang beredar selama setahun lalu. ”Seleksi ini bukan untuk memilih yang terbaik, tetapi yang sesuai dengan karakteristik Oscars,” papar Christine.

Komite Seleksi Oscars 2019 beranggota Alim Sudio, Reza Rahadian, Benni Setiawan, Fauzan Zidni, Firman Bintang, Hardo Sukoyo, Yenny Rachman, Marcella Zalianty, Mathias Muchus, Roy Lolang, Thoersi Argeswara, Yudi Datau, dan Zairin Zain.

Fauzan Zidni dari Cinesurya selaku produser film tersebut mengungkapkan, ada 90 film dari 90 negara yang masuk submisi Best Foreign Language Oscars.

Selanjutnya, ada tahap penyaringan. ”Para juri dari AMPAS akan voting untuk memilih sembilan film yang masuk shortlist,” terangnya kepada media. (*)

BERITA REKOMENDASI