Pandji Pragiwaksono Bakal Gelar Tur 4 Negara

JAKARTA (KRjogja.com) – Harapan para penggemar komika kawakan Tanah Air, Pandji Pragiwaksono, untuk bisa mendengar candaan segar dari sang idola akan segera terwujud. Hal itu seiring dengan rencana Pandji yang memutuskan untuk kembali, setelah sebelumnya sempat 'menghilang.'

Tidak tanggung-tanggung, dalam kemunculannya kali ini, tidak hanya penggemarnya di Indonesia saja yang akan segera mendapat candaan segar dari sang komika. Para penggemar Pandji di beberapa kota di luar negeri pun, akan mendapat kesempatan untuk bisa menyaksikan langsung penampilan sang idola.

Kepastian tersebut seiring dengan rencana Pandji yang akan menggelar tur bertema Pragiwaksono Stand Up Comedy World Tour 2018. Dalam tur dunianya itu, ada 6 kota di 4 negara yang akan didatangi sang komika.

Pandji dijadwalkan tampil di 6 kota, yakni Manila (Filipina), Shanghai, Guangzhou (China), Dusseldorf, Nurremberg (Jerman) dan Amsterdam (Belanda). Selain kota-kota di luar negeri, Pandji juga akan mengobati kerinduan penggemarnya di Indonesia. Dia akan menyempurnakan tur dunianya ini dengan penampilannya di 3 kota, yakni Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.

Pandji menuturkan, dalam tur dunianya itu, dirinya akan mengangkat tema yang berbeda dengan penampilan-penampilan dia sebelumnya. Perjalanan dirinya sebagai seorang komika, akan menjadi tema dari aksinya di sejumlah kota itu.

"Ternyata gua sedikit banget bicara tentang gua. Jadi gua pengen bikin semacam otobiografi," kata Pandji, saat jumpa media di Le Seminyak Cafe & Resto, Cipete Raya, Jakarta Selatan, Jumat (16/3/2018).

Selain mengangkat tentang perjalanan dirinya, Pandji juga akan mengangkat tema tentang kebijaksanaan. Tema itu sengaja dipilih mengingat pentingnya arti persatuan. Apalagi, hingga tahun depan, Indonesia memasuki tahun politik.

"Juga membahas kebijaksanaan sebagai salah salah satu syarat hidup di negara demokrasi, terutama menghadapi tahun politik. Secara umum, pesan utamanya adalah soal kebijaksanaan itu. Ada banyak isu perpecahan, ada banyak harapan muncul persatuan, terutama di kondisi politik," kata dia.

Diambilnya tema kebijaksanaan, menurut dia, sejatinya sesuai nama dirinya. Pragiwaksono memiliki arti kebijaksanaan. "Makanya judulnya Pragiwaksono Stand Up Comedy World Tour 2018," ucap dia.

Kendati dalam jadwal Pandji akan singgah di beberapa kota di luar negeri, namun dia menegaskan Jakarta menjadi fokus tur dunianya itu. "Saya fokusnya di Jakarta. Supaya fokusnya di sana, saya putuskan tidak terlalu banyak di luar negeri. Untuk kota-kota di luar negeri, itu keputusan dari tim," ujar dia.

Sementara itu, rencana Pragiwaksono Stand Up Comedy World Tour 2018 itu sempat memicu rumor baru terkait sosok Pandji. Lantaran gaya promosi yang dilakukannya memiliki kemiripan dengan gaya yang digunakan politikus, Pandji sempat dirumorkan akan bergabung bersama salah satu partai.

Namun, hal tersebut tidak terbukti. Pandji mengaku dirinya sengaja menggunakan cara promosi seperti itu untuk bisa mencuri perhatian dari masyarakat luas. "Saya berpikir mendesain sebuah promosi. Alhamdulillah responsnya positif. Niat bahwa kabar itu tersampaikan," papar dia.

Tur dunia Pandji akan dimulai di Manila pada 28 Juli. Adapun untuk di Indonesia, dimulai di Surabaya pada 10 November. Yogyakarta akan menjadi kota ke-2 yang akan disinggahi Pandji pada 1 Desember. Konser tur dunia Pandji ditutup di Jakarta pada 26 Januari 2019. Penjualan tiket mulai dibuka pada 24 Mei 2018. (*)

BERITA REKOMENDASI