Parasite, Film Berbahasa Asing Pertama yang Menang Best Picture Piala Oscar

PIALA Oscar 2020 membuat kejutan besar. Pasalnya, Parasite ditetapkan menjadi film terbaik Piala Oscar 2020 mengalahkan kandidat terkuat, yakni 1917.

Saat Jane Fonda menyebut Parasite, para tamu tampak syok. Para pemain, produser, dan sutradara Parasite kemudian diundang naik panggung diiringi tepuk tangan para tamu.

Sineas Bong Joon-Ho tidak lagi berpidato melainkan produser Kwak Sin-ae. Di panggung Piala Oscar 2020, produser Kwak Sin-Ae menyatakan masih tak percaya Parasite menang Piala Oscar kategori utama. Untuk sejenak, ia tak bisa berkata apa-apa.

“Saya tak bisa berkata apa-apa. Saya tak pernah membayangkan ini akan terjadi karenanya saya sangat bahagia. Saya pikir ini momen paling menyenangkan yang pernah terjadi. Saya ekspresikan rasa syukur terbesar saya untuk prestasi yang bersejarah ini,” ujarnya di The Dolby Theatre in Hollywood, Los Angeles, AS, Minggu (9/2/2020) malam atau Senin pagi waktu Indonesia.

Salah satu perwakilan dari Parasite kemudian menyampaikan terima kasih kepada Bong Joon-Ho. Menurutnya, Bong Joon-Ho berperan besar dalam memoles Parasite hingga menjadi produk layar lebar yang mendunia.

“Terima kasih telah menjadi diri sendiri, saya menyukai apa pun dalam dirinya (Bong Joon-Ho) termasuk rambutnya yang kacau, tapi khususnya bagaimana ia menyutradarai film ini,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, “Terima kasih, saya sangat berterima kasih. Dan saya berterima kasih untuk siapa pun yang mendukung, bekerja, dan mencintai Parasite.”(*)

BERITA REKOMENDASI