Pekerja Film Minim Perlindungan, Begini Curhatan Reza Rahadian

AKTOR kenamaan Reza Rahadian mengungkapkan sejumlah keluhan terkait industri perfilman dalam negeri. Menurut dia, banyak hak dari para pekerja film yang sampai saat ini belum terpenuhi.

Salah satunya seputar minimnya jaminan dan perlindungan kecelakaan bagi para pekerja di lokasi syuting. Menindaki situasi itu, para kru film terpaksa sering berembug untuk memberikan sumbangan perawatan bagi pekerja yang jatuh sakit.

“Ada situasi yang menurut saya lucu berkaitan dengan kondisi lapangan di lokasi syuting. Satu hal yang selalu meresahkan bagi saya, jika ada kru yang sakit, itu biasanya seluruh kru film akan bawa kardus buat sumbangan. Kalau ada sakit atau kenapa-kenapa itu pada urunan, enggak ada jaminan konkret perlindungan,” keluhnya di Kementerian Ketenagakerjaan, Selasa (7/7/2020).

Padahal menurutnya, di lokasi syuting sangat banyak kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja atau kelelahan akibat bekerja, mengingat jam kerja pekerja film bisa mencapai 16-18 jam dalam satu hari.

“Ada kru yang kemudian tersetrum di lokasi, itu bukan satu dua kali terjadi, dan enggak ada perlindungannya. Nanti adanya urunan antara pemain dan kru. Apakah kemudian perusahaan sepenuhnya akan tanggung itu? Belum tentu,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI