Rossa Berharap Pariwisata Nunukan Terus Menggeliat

 NUNUKAN, KRJOGJA.com  – Kehadiran diva pop Indonesia Rossa di Nunukan, Minggu (21/10), banyak memberikan pesan. Kedatangannya bukan sekedar menghibur, tapi jadi trigger pariwisata Nunukan karena geografisnya dekat Tawau, Sabah, Malaysia.
 
Tinggal mau melakukan perubahan atau tidak. Opsi ini dimiliki oleh Nunukan. Sebab, destinasi wisata ini memiliki momentum pasca show Rossa. Tampil dalam puncak Festival Crossborder Nunukan 2018, aksinya mampu menyita perhatian publik. Dihelat di GOR Dwikora, konser Rossa menarik kunjungan 6.000 orang pada Minggu (21/10) malam.
 
Rangkaian Festival Crossborder Nunukan memang sukses. Festival ini rata-rata dikujungi 5.000 hingga 7.000 orang di siang hari. Malam harinya, festival ini rata-rata mampu menarik 2.000 pengunjung. Lebih menarik, sedikitnya 1.268 wisatawan Malaysia juga sudah menyeberang ke Nunukan pada rentang 18-20 Oktober 2018. Mereka datang menumpang 5 kapal dan masuk dari TPI Tunontaka, Nunukan.
 
“Pembangunan perbatasan ini menjadi prioritas Presiden Joko Widodo. Kami pun juga siap mendukung agar pariwisata di Nunukan maju. Kami gembira dengan respon pengunjung di konser Rossa. Ini jadi momentum sekaligus trigger bagi pariwisata Nunukan. Potensi pariwisata di sini besar,” kata Konsul RI Tawau Sulistijo Djati Ismojo yang hadir bersama 12 orang rombongan, kemarin.
 
Secara keseluruhan, penyelenggaraan Festival Crossborder Nunukan ini sangat menjanjikan. Event ini menjadi galeri besar untuk memajang beragam potensi Nunukan. Ada kuliner, beragam kerajinan, juga Batik Lulantatibu. Untuk kuliner, kreativitas besar dimiliki warga Nunukan. Memiliki 17 kecamatan, ada banyak kreasi dan olahan makanan unik yang mereka hasilkan.
 
“Setiap daerah memiliki keunggulannya masing-masing. Hal ini bisa menjadi daya tarik bagi wisman, terutama saat mereka berkunjung ke Nunukan,” ungkap Sulistijo.
 
Ditampilkan dalam ‘Lomba Inovasi Kuliner Tradisional Khas Nunukan’, Minggu (21/10), kabupaten ini pun pamer potensinya. Kecamatan Nunukan Selatan ikut memajang Sup Singkong Kelapa Muda. Sup ini memaai bahan baku kelapa muda, singkong, udang segar, rumput laut, dan ayam. Bahan ini diramu dengan bawang merah-putih, jahe, merica, garam, dan gula. Proses memasaknya sekitar 10 menit.
 
Ada juga kuliner Udang Galah Pepaya Muda. Bahan bakunya udang galah ukuran besar, lalu keluarkan isi dagingnya dan dicampur kelapa muda serut. Bumbunya, jahe, serai, bawang, dan garam. Daging yang dibumbui lalu dimasukan lagi dalam udang, baru dipanggang. Sausnya dari kates muda dan santan. (*)

 

BERITA REKOMENDASI