Saat 9/11, Bintang Armageddon Ini Jadi Petugas Damkar

LOS ANGELES, KRJOGJA.com – Setiap tahunnya orang memperingati peristiwa serangan ke Gedung World Trade Center (WTC) pada 11 September atau 9/11. Ada banyak cerita didapat dan terungkap dari peristiwa yang terkenal dengan sebutan 9/11 tersebut.

Tapi, satu hal yang tak banyak diketahui dunia adalah keterlibatan aktor Steve Buscemi, bintang Armageddon, dalam proses evakuasi pasca tragedi 9/11. Aktor yang terkenal berkat perannya di Reservoir Dogs itu ternyata merupakan anggota tim pemadam kebakaran saat 9/11.

Buscemi sempat ikut tes PNS dari New York City Fire Department (FDNY) ketika berusia 18 tahun. Setelah lulus tes, aktor kelahiran 13 Desember 1957 itu bekerja sebagai pemadam kebakaran FDNY di Manhattan pada kurun waktu 1980an sebelum ia banting setir menjadi aktor.

Karena itu, ketika tragedi 9/11 terjadi 2001 silam, Buscemi kembali bergabung dengan rekan-rekannya di FDNY untuk membantu dan menyelamatkan korban. Selama beberapa hari, Buscemi bekerja dalam sistem shift 12 jam mencari korban-korban reruntuhan Gedung WTC yang masih hidup.

Alih-alih merasa terbebani atau lelah dengan panggilan untuk kembali bergabung dengan FDNY di masa krisis itu, Buscemi malah merasa sebaliknya. Ia merasa senang bisa kembali bekerja bersama mantan rekan-rekannya.

“Merupakan sebuah hak istimewa bisa melakukannya. Senang rasanya bisa kembali berhubungan dengan pemadam kebakaran tempatku dulu pernah bekerja dan dengan beberapa orang yang bekerja denganku,” kata Buscemi pada saat itu seperti dilansir Independent.

Ia menambahkan, “Dan itu sangat membantuku karena selagi aku bekerja, aku tidak benar-benar memikirkannya, aku tidak merasakannya.”

Bantuan Buscemi pada tim pemadam kebakaran itu sangat diapresiasi oleh organisasi. Sebagai salah satu bentuk penghormatan dan ucapan terima kasih, akun Facebook Brotherhood of Fire membuat postingan menyentuh pada 2013 silam.

“Apakah kalian mengenal pria ini? Kalian tahu siapa namanya? Banyak orang mengenalnya sebagai seorang aktor, dan bahwa namanya adalah Steve Buscemi. Yang hanya disadari oleh sedikit orang adalah bahwa dia sempat menjadi salah satu orang paling berani New York,” tulis Brotherhood of Fire sambil mengunggah foto Buscemi. (*)

BERITA REKOMENDASI