Ada Rama Aiphama di Balik Kesuksesan Cynthia Lamusu

DUNIA  musik Tanah Air berduka, setelah penyanyi Rama Aiphama mengembuskan napas terakhir pada Rabu (11/3/2020) pagi. Sosoknya melegenda, apalagi dengan ciri khas busana gamis dan topi bundar yang selalu dipakai.

Mengenang Rama Aiphama, pria bernama lengkap Sayyid Muhammad bin Syahab Al-Idrus ini mengawali karier di tahun 1981 lewat album Aku yang Merindukanmu. Namun baru di tahun 1995 namanya melejit setelah merilis Dinda Bestari.

Hal ini juga diakui Cynthia Lamusu, personel B3 yang mengagumi karya Rama Aiphama tersebut. “Puncak kariernya di era’90an saat lagu Dinda Bestari meledak di pasaran,” tulis istri Surya Saputra ini di Insta Story.

Selama berkecimpung di dunia musik, pria berdarah Arab-Gorontalo ini menelurkan 9 album sejak 1981 hingga 2003 lewat album Keroncong Jaipong Dangdut.

Bukan hanya beraliran musik keroncong dan dangdut, penyanyi 63 tahun ini juga dikenal sebagai penyanyi reggae dan melayu. Terbukti saat ia merilis dua album bertajuk Keroncong Disco Reggae dan Keroncong Disco Reggae Vol.

Selain dikenal sebagai penyanyi, Rama Aiphama juga menjadi produser dan pencipta lagu di album Cynthia Lamusu, Sesal. “Debut album perdana Cynthia Lamusu tahun 1990,” ungkap ibu dua anak ini. (*)

BERITA TERKAIT