Audisi LIDA 2021 DIY Jaring Telenta Dangdut Berbakat

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Audisi Online Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Batch 2 digelar Jumat (08/10/2021). Audisi ini menjaring talenta-talenta dangdut berbakat di DIY untuk nantinya dikirim ke Jakarta. Selain DIY, audisi serupa hari ini juga digelar serentak secara virtual di Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Juri Audisi Online Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 DIY Batch 2, Ekin Gabriel mengatakan sebelumnya audisi gelombang pertama telah digelar akhir tahun lalu. Namun ternyata minat peserta yang ingin ambil bagian dalam adu bakat LIDA 2021 cukup tinggi sehingga digelarlah gelombang kedua.

“Kami telah melakulan audisi gelombang pertama dan ternyata masih ada yang masuk, kemudian kami tonton videonya. Baru ini kami panggil dari tiga provinsi tersebut untuk audisi gelombang kedua,” kata Ekin Gabriel saat jumpa pers secara virtual sebelum audisi digelar.

Ia mengatakan jika peminat terus bertambah maka tidak menutup kemungkinan audisi gelombang tiga akan digelar. Yang pasti sebelum batas akhir tanggal 17 Januari, seluruh nama peserta sudah dikantongi juri untuk kemudian disodorkan maju ke tahap selanjutnya.

“Kami ambil 5 – 7 orang untuk audisi final tiap provinsi. Nantinya yang lolos audisi tingkat provinsi tersebut kami kirim untuk audisi final di Jakarta dengan dewan juri artis,” tambahnya.

Untuk wilayah DIY, Ekin Gabriel mengungkapkan peserta audisi tak sebanyak wilayah lainnya. Namun ia mengatakan peserta dari DIY memiliki kualitas vokal yang mumpuni dan siap diadu dalam LIDA 2021 nantinya.

“Bagi kami sudah cukup karena yang kami cari kualitas suaranya. Mereka yang diluar jalur dangdut juga bisa ambil bagian, yang penting punya kualitas vokal bagus. Soal cengkok dangdut nanti bisa kami ajari,” jelasnya.

Sementara itu salah seorang peserta audisi dari Kulonprogo, Dadang mengaku tertantang untuk mengikuti audisi LIDA 2021. Bagi mahasiswa yang kuliah di ibukota ini, LIDA 2021 merupakan ajang kedu diikutinya setelah pada LIDA 2020 ia harus gugur di tahap pertama.

“Saya ingin membuktikan kemampuan untuk bertarung dalam ajang ini. Saya juga ingin membanggakan orangtua dan daerah serta untuk cerita kepada anak cucu,” ujarnya.

Dadang mengaku LIDA 2021 ini akan lebih berat dibanding tahun lalu. Audisi yang digelar secara online akan menjaring bakat-bakat baru dari berbagai daerah yang sebelumnya tak terjaring di tahun sebelumnya.

Namun bagaimanapun ia tetap optimis dengan kemampuan dan pengalamannya. Terlebih lagi LIDA kali ini merupakan ajang kedua baginya sehingga itu menjadi modal awal kepercayaan dirinya untuk melangkah. (Van)

BERITA REKOMENDASI