Ayke Agus, Musisi Kaliber Internasional Konser di Yogya

YOGYA (KRjogja.com) – Ayke Agus, musisi musik klasik dengan reputasi internasional akan konser di Yogyakarta. Ia mendapatkan tawaran beasiswa dari Juilliard School of Music of New York dan University of Southern California Los Angeles.

Ayke Agus selama lebih dari 40 tahun tinggal di Amerika. Ia sempat berguru kepada violis terkemuka dunia keturunan Rusia-Amerika yaitu Jascha Heifetz. "Saya murid terlamanya, 17 tahun. Menjadi pianis pengiring dia kemanapun konser," kata Ayke Agus saat berkungjung ke Kedaulatan Rakyat, Kamis (03/11/2016).

Sejak usia 7 tahun Ayke Agus belajar biola dan piano. Perempuan kelahiran Yogyakarta 30 Desember 1949 ini secara khusus datang ke kota kelahirannya untuk konser musik klasik bertajuk 'Rhapsody in Blue Charity Concert Service Above Self with Ayke Agus'.

Acara tersebut akan berlangsung Sabtu 12 November 2016 di Audiotorium Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) mulai pukul 18.00 WIB. Konser tersebut diselenggaraan oleh Rotary Club of  Yogyakarta Prambanan sebagai penggalanggan dana untuk mendukung pelaksanaan program kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Sejak menempuh studi di Amerika Serikat, bakat Ayke Agus semakin terasah. Ia beberapa kali memenangkan kompetisi musik yang diselenggarakan di beberapa kota di AS. Studi doktoralnya di selesaikan di  University  of Buffalo, New York dimana ia tercatat menjadi anggota termuda dari Buffalo Philharmonic Symphony. Saat ini Ayke Agus anggota dari Pasadena Symphoni and California Philharmonic serta menjadi dosen pengajar biola di Antelope Valley College, AS. (Apw)

BERITA REKOMENDASI