Callkula Rilis Single ‘Isyarat Hina’

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Callkula, band asal Yogyakarta yang beranggotakan Gilang (vokal & gitar), Alvinza(gitar), Adiyatma (kibor), Elvan (bass) dan Bagas (drum) bersiap melemparkan single terbaru berjudul Isyarat Hina. Satu nomor tersebut dibuat setelah para personilnya menangkap keresahan banyaknya manusia yang menilai manusia lain hanya dari penampakan terlihat saja.

Gilang vokalis yang juga berperan sebagai penulis lagu menyebut, Isyarat Hina dilahirkan dari tangkapan fakta yang terjadi pada manusia saat ini dalam memandang lingkungan sekitarnya. Callkula menurut dia telah melakukan proses observasi dan menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa masih banyak masyarakat di negeri ini yang melihat orang lain dari apa yang nampak pada kemasan luarnya saja.

Salah satu contoh bagi Gilang misalnya saat seseorang mengenakan pakaian compang-camping tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam sebuah mall. Atau saat seseorang yang memiliki masa lalu yang buruk tidak mendapatkan ruang untuk mendapat apresiasi tinggi ketika ia berubah dan melakukan banyak kebaikan di lingkungannya.

“Apa yang salah dengan mereka yang nyaman berpakaian compang-camping dan ingin masuk ke dalam sebuah mall? Apa yang salah dari mereka yang melakukan banyak kebaikan pada lingkungannya, walau di masa lalu ia memiliki masa lalu yang buruk? Bagi kami, beberapa contoh yang terjadi di tengah masyarakat saat ini adalah sebuah bentuk diskriminasi yang dilakukan banyak orang untuk tidak memberikan kesempatan bagi seseorang, untuk mendapat apresiasi yang tinggi dari kebaikan yang bisa jadi tersembunyi di balik pakaian compang-campingnya, atau tersamarkanoleh masa lalu kelam yang pernah dilakukan seseorang,” ungkap Gilang, Sabtu (24/08/2019).

Rully mengimbuhkan di tengah kemajuan yang sedang terjadi saat ini, sudah seharusnya masyarakat tidak lagi memandang sesuatu dari satu sudut pandang yang ia kehendaki. Saat ini masyarakat seharusnya sudah mulai merapikan pikiran untuk melihat sekitar dari berbagai sudut pandang, dan memberi apresiasi yang besar terhadap segala kebaikan yang dimiliki seseorang di dalam dirinya.

“Sudah bukan jamannya lagi seseorang mendapat perlakuan diskriminatif dari apa yang terlihat dari kulit luarnya, atau dari hal buruk pernah dilakukannya di masa silam. Setiap orang memiliki nyamannya sendiri dalam menampilkan dirinya, dan setiap orang memiliki masa lalu sendiri dalam hidupnya. Namun bukan berarti mereka tidak berhak mendapat hak yang sama untuk dipandang sebagai seorang manusia seutuhnya yang tentu akan selalu memiliki sisi baik di dalam dirinya,” papar Rully.

Callkula berharap melalui karya Isyarat Hina akan banyak orang berpikir menyeluruh dalam mengambil sudut pandangnya melihat suatu hal. “Harapan kami, melalui single “Isyarat Hina” ini kami bisa membantu banyak orang untuk dapat merapikan pikiran dalam memandang suatu hal, terutama ketika ia memandang orang lain sebagai seorang manusia,” imbuh Rully.

Single “Isyarat Hina” sendiri, diproduseri oleh Sasi Kirono. Lagu tersebut mulai bisa disimak di berbagai platform dengar digital seperti Spotify, Joox, Itunes hingga Youtuber Channel Official CallkulaMusic Senin (26/8/2019) mendatang. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI