Catat! Riverstone Konser Tunggal Besok Malam

Editor: KRjogja/Gus

BAND Rock super tengil asal Yogya, Riverstone bakal menggelar konser tunggal di Kedai Kebun Forum Kamis (11/1) malam nanti. Aab (Bass, vokal, organ), Kukuh (gitar), dam Bob (Drum) menjanjikan konser yang jauh lebih seru, nakal, dan liar yang selalu mereka sajikan dalam tiap pertunjukkan. Sekitar 9-12 lagu akan mereka mainkan dalam suasana intim di venue konser.

"Satu jam lebih kami main, tapi bakal ada jeda. Ini konser tunggal pertama kami yang juga menjadi bagian dari acara Pop Up Podomoro. Kalau yang biasa datang ke gigs Riverstone, pasti sudah hapal deh kami mau ngapain. Tapi besok dua kali lipat lebih seru," janji Aab ketika ngobrol santai di basecamp Riverstone.

Tiga anak muda slengean ini sudah menghasilkan satu mini album yang rilis 2017 lalu. Enam track dalam album itu meneriakkan fragmen anak muda kekinian dalam bingkai keliaran musik khas Riverstone. Judul-judulnya merepresentasikan silogisme dari wacana tongkrongan keseharian. Ada "Lezgo", "Lickboots", "Manuver Tipu-Tipu", "Rx King Tanpa Spion", "Cikon", dan "Istirahat".

"Misalnya 'Manuver Tipu-Tipu', itu sering banget jadi kesimpulan anak-anak nongkrong ketika ada teman atau sahabat yang membohongi mereka, entah pacarnya diambil atau pas ujian enggak dicontekin. Ya gitu, kami memang ambil istilah yang sering diucapkan anak muda pas lagi kumpul," sambung Kukuh.

Musik rock yang sebagian orang menganggapnya masuk kotak garage dalam album tidak terlampau sulit dinikmati. Lirik sederhana dengan nada yang gampang diingat telinga plus sound yang tak main-main jadi kelebihan album ini. Paling menarik adalah mereka mampu menuangkan keliaran yang selalu ada di setiap gigs ke dalam media rekam. Tino, gitaris Marsmolys mengakui sendiri hal itu.

"Riverstone ini band yang menjaga kualitas mereka. Sound contohnya deh, ketika manggung dengan di media rekam minimal harus mendekati. Saya melihat proses bermusik mereka juga sangat serius meski di atas panggung slenge'an banget," kata Tino lalu tertawa.

Tengil. Itu kesan banyak orang ketika kali pertama melihat aksi panggung mereka. Tapi ketengilan itu racun bagi mereka yang menonton Riverstone. Bikin penikmat musik di Yogya larut dalam sebuah mini gigs itu susahnya minta ampun. Banyak gigs dengan penonton yang meikmati musik sambil bersila, duduk, main HP, atau ngobrol persoalan dapur dengan temannya. Namun, Riverstone seolah punya magnet yang bisa meluruhkan aktivitas menyebalkan itu. Para penonton selalu merapat ke depan panggung ketika mereka main.

"Mereka ini tengil banget di atas panggung. Nakal. Tapi itu enggak dibuat-buat. Banyak yang ketarik berdiri lalu merapat ke depan panggung nyanyi dan pogo bareng Riverstone gara-gara ada kesesuaian dengan kenakalan dalam musik dan lirik sama aksi mereka. Gila mereka ini, gigs-nya selalu ditunggu," sambung Yudha, gitaris band Temaram sekaligus pegiat rilisan fisik Yogya. (Desta)

BERITA REKOMENDASI