GIE Luncurkan Video Musik ke-4 Album “Kamar Malas”

Editor: KRjogja/Gus

GIE merilis video klip ke-4 di penghujung tahun 2019 ini. Masih dari album penuh "Kamar Malas", Gatralaringal (gitar), Denny Kurniawan (Bass), Abe Subangkit (Drum), Anak Chakti Bagaskara (Kibor), dan Wimar Yulius (vokal) memilih 'Never Have You' untuk dieksekusi sebagai video ke-4 mereka. Sebelumnya, GIE sudah merilis video musik 'Tetaplah di Sini', 'Jarak', dan 'Jam Pasir' ke kanal Youtube mereka.

Video musik yang diproduseri Swadesta Aria Wasesa itu diarahkan sekaligus disutradari video maker muda Hyoga Dewa Murti bersama Krisna Aditya, penulis jalan cerita. GIE sendiri juga turun dalam proses produksi seperti Wimar yang bertanggung jawab sebagai line producer dan Gatra di bagian talent.

Gatralaringal, penulis lagu membeberkan 'Never Have You' adalah lagu berbahasa inggris pertama GIE. Ia membebaskan Hyoga dan tim menginterpretasikan maksud dari lagu yang ia tulis itu. "Namun, ternyata tidak semudah itu untuk direalisasikan. Lagu ini merupakan inovasi sekaligus tantangan bagi kami (Gie) setelah beberapa tahun teguh menciptakan dan membawakan lagu-lagu berbahasa Indonesia," terang Gatra.

Interpretasi video musik ini memang menghabiskan banyak energi. Bersama tim, Hyoga mematangkan konsep dari cerita sampai proses pencarian talen berulang kali. Jalan cerita bahkan mengalami banyak perubahan. Mulanya proses pengambilan gambar dilakukan di banyak tempat namun karena berbagai pertimbangan diputuskan di dua tempat saja dengan jalan cerita yang lebih padat agar pesan lagu yang ditulis Gatra ini sampai ke pendengar ketika dinikmati dengan visual.

"Untuk menginterpretasikan pesan dan maksud yang dalam 'Never Have You' ke dalam bentuk visual, bisa terbilang cukup rumit. Di sini saya sebagai sutradara ditantang menyelaraskan isi pikiran saya bersama teman-teman yang terlibat di dalamnya. Baik itu produser, penulis naskah maupun dari Gie sendiri. Konsep kami matangkan berkali-kali sampai pada akhirnya kami pun mendapatkan formula terbaik yang bisa dilihat secara langsung oleh teman-teman dalam video musik ini," beber Hyoga.

Krisna Aditya sebagai penulis cerita menginginkan sesuatu yang berbeda dalam ceritanya. Ia mengembangkan makna cinta nyaris platonis dalam 'Never Have You'. 'I dont care if you dont want me" jelas menggambarkan perasaan seseorang yang tetap mencintai meski tak berbalas. Dari sana Krisna mengembangkan makna lalu menuliskan plot, kemudian dieksekusi bersama Hyoga dan tim Got Blues You.Premisnya adalah setiap manusia punya rasa cinta. Cinta tidak hanya tumbuh dari laki-laki ke perempuan atau sebaliknya.

Simpulan dari premis itu yang diangkat dalam video musik 'Never Have You'. Dua orang perempuan yang diperankan Loucana Qutratuain dan Judith Chung menemukan cinta di tengah kesunyian masing-masing. Cinta mereka berakhir lebih cepat lantaran Loucana masih gamang terhadap perasaannya sendiri. Gitaris sekaligus vokalis Jalan Batas Kota, Krisna Brilliant Adiprasetya juga ikut beradu akting dengan mereka dalam video musik. "Realita kontemporer pun bicara seperti itu. Kami sekadar mengangkat salah satu realita yang ada saat ini. Ansich," sambung Krisna Aditya.

Respon positif datang saat peluncuran video klip GIE. Rifqi Mansur Maya (Kiki Retake), filmaker sekaligus video maker Yogya yang turut hadir dalam pemutaran perdana mengapresiasi keberanian GIE yang 'memelihara' video klip mereka melalui peluncuran. Tidak banyak band yang setelah melemparkan video musik ke kanal Youtube lalu meluncurkannya lewat screening yang mengundang banyak orang. Inisiator Bioskop Kecil (Bioscil) bersama Hindra Setya Rini itu juga memberi kritik membangun terhadap tim.

"Enggak banyak yang berani melakukan screening terhadap video lalu mengajak teman-teman lain diskusi. Salut buat mereka. Tapi buat saya seharusnya tim lebih berani lagi mengeksekusi video musik itu agar makin jelas," komentar filmaker yang akrab disapa Kiki Retake itu. (Des)

 

BERITA REKOMENDASI