Jivva, Bawa Soul Baru Musik Pop Rock

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Tiga anak muda terdiri Wibisana (gitaris), Kevin Widaya (vokalis) dan Ankadiov Subran (basis) menjajal peruntungan di blantika musik tanah air dengan membawa bendera JIVVA. JIVVA yang berasal dari kata "Jiva" merupakan bahasa Sansekerta yang berarti jiwa atau sesuatu yang bersifat abadi dan tidak bisa dihancurkan dipilih dengan harapan bisa bersinar di tengah hiruk pikuknya blantika musik tanah air saat ini. 

Terbentuk pada 2014, Anka dan Dimas menginisiasi setelah sebelumnya sempat bermain bersama sebagai session player tahun 2010. Di sisi lain Dimas dan Kevin juga sempat tergabung dalam sebuah band bernama New GRUVI hingga akhirnya memutuskan undur diri dari New GRUVI dan mulai menulis lagu untuk project barunya yakni Jivva. 

Tak terdengar main-main, produser sekaliber "Opung" Irwan Simanjuntak pun diajak untuk bergabung menjadi mentor sekaligus bos mereka dalam menjalani karier bermusik. JIVVA membawakan jenis musik pop rock dengan garis besar ingin membawa lagi nuansa lagu-lagu 90an yang sarat dengan progresi chord khas dan lirik yang puitis dan penuh perumpamaan. 

JIVVA juga coba meramu aransemen musiknya dengan lebih modern dengan sentuhan synthesizer dan bebunyian elektronik, dengan tetap mengandung distorsi gitar dan orchestra khas 90an. Grup ini merilis secara resmi lagu “Matahari” pada 12 Desember 2016 pukul 12 siang di social media dan menyebut sebagai gerakan 12.12.12. 

"Kami buat lagu ini karena kami percaya kalau setiap orang mampu menjadi Matahari untuk sesamanya. Tidak perlu menjadi luar biasa untuk menjadi cahaya bagi dunia, sedikit saja hal positif yang kita lakukan dapat berarti besar bagi sesama kita. Matahari tidak pernah lelah memancarkan cahayanya di siang hari, dan memantulkan sinarnya kepada sang rembulan di malam hari, agar ia tetap bisa memberi terang bagi dunia," ungkap Dimas saat bertemu KRjogja.com Sabtu (13/5/2017). 
 
JIVVA diakui Dimas memiliki visi untuk menjadi sebuah band yang bisa menjadi inspirasi dari mata, hati, dan telinga. Sebagai musisi, JIVVA bermisi menciptakan karya musikal yang diterima dan menjadi inspirasi semua pendengarnya. 

"JIVVA juga ingin memberi inspirasi kepada pendengarnya lewat lirik positif yang terkandung di lagu-lagunya. Banyak juga lagu yang menceritakan tentang pandangan kehidupan, hidup dan mati, awal terbentuknya dunia, namun penyampaiannya dibalut dengan lirik bertemakan cinta," imbuhnya. 

Grup band ini sekarang juga bekerjasama dengan Halo Entertainment Indonesia untuk distribusi single Matahari. Mereka juga punya Website JIVVA di-design oleh Tito Pratikto & Local Tobacco.
 
"Harapan kami, band ini bisa besar untuk dapat menjadi sebuah inspirasi positif dan role model bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, bahwa di dalam menghasilkan sebuah karya yang baik penting bahwa harus ditanamkan juga nilai-nilai yang dapat berguna dan berefek positif bagi orang banyak," pungkas Dimas. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI