Jordi Richard Bersiap Rilis Album Instrumental

MEMBUAT album instrumental cukup sulit. Di Yogyakarta, musisi yang berani merilis album instrumental, gitar misalnya, masih bisa dihitung dengan jari. Setelah album kompilasi gitaris Alamanda, ada Eross Sheila On7 lewat “Forbidden Knowledge”, Dwi Hansen “Painting of The Senses”, dan “Kalarindu” Teguh Joyo Santiko.

Keberanian mereka juga disesap Jordi Richard, gitaris Helsket, yang akan merilis album instrumental gitar dalam waktu dekat. BerjuduL “Return To Sender” album ini lahir dari keisengan Jordi ketika membuat instrumental gitar di tengah kesibukan bersama bandnya. Mulanya ia merekam instrumen secara sederhana di PC lalu lama-lama muncul keinginan mengabadikan keisengan menjadi karya. Alasannya tegas, Jordi enggan ditelan sejarah.

“Setelah jadi, tiba-tiba terlintas di pikiran ‘wah ini sayang kalai enggak diabadikan’. Minimal didengarkan sendiri lalu ada semacam jejaknya gitu,” beber Jordi.

Ada enam track dalam album yang direkam, mixing, lalu mastering secara mandiri oleh Jordi. Ada ‘Whiskey Lullaby’, ‘The Drunken Sunshine’, ‘Return To Sender’, ‘Letter To Chloe’, dan ‘Dancing Barefoot on Friday Night’. Instrumen macam bass, drum, dan kibor juga diisi sendiri oleh Jordi. Tiap track punya kisah dan menggambarkan mood yang bervariasi; sedih, romantis, cemas, bahagia dan lain-lain. ‘Whiskey Lullaby’ sendiri sudah bisa didengar di banyak layanan dengar digital.

“Sesuai dengan perasaan saya ketika membuat instrumen itu. Jadi buat saya enggak dibuat-buat,” sambung Jordi ketika ngobrol santai di sebuah warung kopi bilangan Nologaten.

Tantangan lainnya bagi Jordi adalah bagaimana agar musiknya bisa dipahami karena instrumen bicara melalui tanda bunyi, tidak dibantu teks. Tantangan ini sempat mengendurkan niat Jordi mengarsipkan karyanya. Namun rekan-rekannya meyakinkan bahwa musisi kelahiran Palembang 31 tahun lalu itu harus segera merilis albumnya.

“Tapi pas musiknya didengar teman-teman, mereka yang kasih dorongan, ‘seriusin saja’, kata mereka. Semangat itulah yang membuat Jordi akhirnya mau merilis album,” sambung iris, rekan kerja Jordi.(Des)

BERITA REKOMENDASI