‘Keroncong Jiwa Raga Kami’ Hadirkan Nostalgia Yogyakarta Lewat Lagu Kusbini

YOGYA (KRjogja.com) – Penampil papan atas Indonesia seperti Oppie Andaresta, Woro, Syaharani, Subarjo HS hingga Yati Pesek siap berpartisipasi dalam event Pasar Keroncong Kotagede 2016 yang digelar Sabtu (3/12/2016) mendatang. Tiga buah panggung bahkan disiapkan di kawasan Kotagede untuk mengobati hasrat bernostalgia pecinta musik Keroncong dari berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri.

Ketua penyelenggara M Alfan Farhan dalam temu pers di Yogyatorium Rabu (30/11/2016) siang mengatakan pergelaran kali kedua yang bertajuk Keroncong Jiwa Raga Kami secara spesial akan dimeriahkan dengan lagu-lagu karya almarhum Kusbini yang merupakan maestro dan legenda musik Indonesia. Nantinya, setiap grup yang tampil harus membawakan satu lagu Kusbini yang memang tak terhitung lagi banyaknya.

"Sabtu 3 Desember mulai pukul 19.00 WIB Pasar Keroncong Kotagede 2016 akan dimulai dengan tiga panggung yakni Panggung Loring Pasar, Panggung Sayangan di utara Masjid Besar Mataram dan Panggung Sopingen di halaman Pendopo Sopingen, ada setidaknya 16 grup yang tampil termasuk Oppie Andaresta, Yati Pesek dan beberapa lainnya. Seluruh penampil akan membawakan paling tidak satu lagu Kusbini sebagai bentuk tribute," ungkapnya.

Sementara Subardjo HS salah satu seniman Kroncong juga menyampaikan bawasanya Pasar Keroncong Kotagede ini menjadi satu upaya penyelamatan musik Kroncong agar tak tergerus perkembangan jaman. "Saya pernah diamantkan oleh Kusbini untuk menyelamatkan Kroncong dan melalui acara ini masyarakat bisa lihat dan dengar langsung magisnya, saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih," ungkapnya.

Event Pasar Keroncong Kotagede 2016 ini diselenggarakan gratis bagi seluruh masyarakat. Berbagai sajian Keroncong mulai klasik hingga modern dapat dinimkmati di tiga panggung tersebut.

"Mungkin nanti masyarakat hanya tinggal bayar parkir saja dan jajan. Kami benar-bemar ingin sampaikan di sini juga bawah Keroncong adalah musik semua kalangan, selamat menikmati Sabtu malam nanti," pungkas Alfan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI