Konser Serenade Bunga Bangsa #4, Upaya Memelihara Ingatan Sejarah Peristiwa Jogja Kembali 1949

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJogja.com– Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY bekerja sama dengan Allilaqus Sympony Orchestra, Con Amore Voice, dan soloist Luhung Swantara menyelenggarakan Konser Serenade Bunga Bangsa #4.
Konser bertujuan memperingati peristiwa Jogja Kembali 29 Juni 1949 sekaligus sosialisasi dan dukungan pengusulan 1 Maret sebagai hari besar Nasional.
Plt Dinas Kebudayaan DIY, Aris Eko Nugroho mengatakan melalui kegiatan diharapkan dapat semakin mengenalkan sejarah sebagai bagian dari jati diri bangsa dan menanamkan nilai-nilai patriotisme, nasionalisme, dan  semangat juang.
“Agar pengusulan 1 Maret sebagai Hari Penegakkan Kedaulatan Negara dapat tersosialisasi dengan baik sehingga dapat diterima, dipahami dan didukung oleh masyarakat. Selain itu juga menumbuhkan sikap patriotisme, nasionalisme, dan semangat juang,” paparnya, Senin (21/6/2021).
Acara ini mencoba memelihara ingatan sejarah akan peristiwa penting di Yogyakarta pada masa awal kemerdekaan. Pada tahun 1948 terjadi agresi militer Belanda yang berupaya merebut kedaulatan RI dengan menguasai Yogyakarta yang pada waktu itu merupakan ibu kota negara.

BERITA REKOMENDASI