Konser Serenade Bunga Bangsa #4, Upaya Memelihara Ingatan Sejarah Peristiwa Jogja Kembali 1949

Editor: Ary B Prass

Meski pemimpin negara diasingkan namun Kraton, rakyat, dan tentara menyatukan tekad dan kekuatan untuk menunjukkan kepada pihak Internasional bahwa Indonesia masih ada. Hal ini memuncak pada Serangan umum 1 Maret yang berhasil melumpuhkan kekuatan militer Belanda.
Peristiwa itu mengharuskan Belanda kembali ke meja perundingan dan berujung pada pengakuan Belanda atas kedaulatan Indonesia. Peristiwa Jogja Kembali ditandai dengan ditariknya pasukan belanda dari tanah Yogyakarta.
“Kami ingin mengajak kembali mengingat besarnya perjuangan bangsa dalam bentuk berbeda, dengan cara mengembangkan melalui seni,” imbuhnya.
Kabid Pemeliharaan dan Pengembangan Sejarah, Bahasa, Sastra dan Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY, Rully Andriadi mengatakan konser berjalan sesuai dengan protokol kesehatan ketat tanpa penonton, hanya beberapa undangan saja.
“Dilaksanakan tidak seperti tahun sebelumnya karena masih prihatin sehingga terpaksa diselenggarakan dengan cara yang agak berbeda, prokes dan penonton terbatas. Kita harus menyesuaikan kondisi seperti sekarang,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI