Lewat ‘Melawan Malu’ Jacky EYS Menemukan Jatidiri

PERSAINGAN solois pria yang begitu ketat nampaknya tak menyurutkan langkah Jacky EYS (Eko Yuli Saputro) untuk bertarung di blantika musik tanah air. Modal lagu yang ia tulis sendiri memang masih terhitung jari, namun keyakinan bakal bisa berarti di kancah musik Indonesia membuatnya untuk tetap maju terus. Belum lama ini Jacky EYS merilis single bertajuk “Melawan Malu”.

Sebenarnya, solois asal Yogyakarta ini sudah aktif menulis lagu sejak masih duduk di bangku SMP. Sebelumnya Jacky EYS juga pernah mecoba bermusik dalam format band, namun karena sering menemukan perbedaan pendapat, pada akhirnya dia bermusik secara mandiri. Pada April 2018, Jacky EYS merilis single perdananya yang didistribusikan secara mandiri berjudul “Secandu”, lagu ini menjadi awal Jacky mulai mengenalkan lagu kepada pendengar, lewat suaranya yang khas.  Selang dua setengah tahun sejak dirilisnya single pertama, kini Jacky hadir kembali dengan single kedua. Single yang berjudul “Melawan Malu” ini sarat dengan lirik yang positif dan sangat jujur dalam penulisan. Di lagu ini Jacky menceritakan pengalaman pribadinya sendiri yang dia tuangkan dalam sebuah racikan lirik dan musik yang sederhana namun tetap mempunyai makna yang dalam.

Komposisi musik yang sederhana serta lirik yang penuh arti, menjadikan lagu ini sangat sopan di telinga dan mudah dihafal. Salah satu hal yang menarik dalam proses penggarapan single ini adalah Jacky EYS mencoba memasukan unsur tradisional di dalamnya, semacam lantunan atau bisa di bilang seperti teriakan suku suku pedalaman. “Di lagu ini saya hanya ingin berdoa kepada Tuhan namun dengan Bahasa yang hanya saya dan Tuhan yang tahu, mungkin ketika didengar seperti teriakan dengan bahasa yang tidak jelas, tapi intinya saya hanya ingin berdoa kepada Tuhan, itu saja,” terang Jacky.

BERITA REKOMENDASI