Melankolic Bitch Lempar Single Baru

Editor: KRjogja/Gus

BAND Rock Yogyakarta, Melankolic Bitch, baru-baru ini melempar lagu terbaru mereka ke laman Youtube. Berjudul "Bioskop, Pisau Lipat", lagu itu diunggah juga dengan video lirik. Lagu ini  salah satu materi dari album "NKBBS Bagian Pertama". Selanjutnya, mereka akan meluncurkan album itu di PKKH UGM 9 September 2017 mendatang.

"Bioskop, Pisau Lipat" menggambarkan produksi wacana Orde Baru (Orba) lewat film layar lebar. Anak-anak sekolah, khususnya Sekolah Dasar (SD) diwajibkan menonton film propaganda di bioskop, sekolah, dan layar tancap kampung di hari tertentu. Kisah itu terlihat jelas dalam lirik "Kami pakai bendera sebagai seragam/Ketika digelandang ke bioskop jam sembilan". Ada juga produksi wacana tentang penggambaran perempuan di masyarakat era Orba. Mana yang tidak patuh pada norma disebut perempuan liar.

Bagian dari judul albumnya sendiri, NKKBS, adalah sindiran bagi Orba. Kepanjangan dari Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera, program itu jargon propaganda Orba yang menggambarkan konsep keluarga ideal masyarakat Indonesia. "Sepanjang tahun 1980-an hingga 1990-an, program KB menjadi program andalan pemerinah, yang utamanya bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pada saat yang sama, memasukan ideologi politik Orde baru hingga unit terkecil masyarakat yaitu keluarga," jelas mereka dalam pers rilisnya.

Melancholic Bitch terakhir merilis album penuh pada 2009 silam berjudul Balada Joni dan Susi. Kemudian mereka sempat merilis album pendek bebas unduh berjudul Lagu-lagu Yang Tidak Bisa Dipercaya (2011) dan merilis ulang album debut Anamnesis (2005) pada 2013. (Des)

 

BERITA REKOMENDASI