Menaker Luncurkan Standar Kompetensi Kerja Seni Musik

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menaker Ida Fauziyah, menegaskan, pesatnya perkembangan industri permusikan, memerlukan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan dalam jumlah yang banyak.

“Untuk menciptakan SDM berdaya saing dan kompeten, sudah saatnya industri permusikan menerapkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) guna memastikan ketersediaan supply sesuai dengan kebutuhan dunia industri musik terkini,” kata Ida di Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

SKKNI bidang musik, jelasnya, selain sebagai salah satu tolok ukur penyiapan SDM berdaya saing, juga sebagai salah satu bentuk upaya meningkatkan mutu dari permusikan Indonesia. Ida sebekumnya

Menyerahan bundling SKKNI bidang musik dan skema sertifikasi secara simbolis kepada Sri Hartini (perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan Johny Maukar (perwakilan pekerja musik/PAPPRI).

Selain itu menyerahkan kepada Otto Sidharta (perwakilan tim perumus SKKNI bidang musik), dan Mila Rosa (perwakilan dari Lembaga Sertifikasi Profesi). Saat ini, kata Ida, industri musik menjadi salah satu industri yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19 di seluruh belahan dunia.

BERITA REKOMENDASI