Musisi Jazz dari Prancis ini Kagumi Borobudur

SAMARINDA, KRJOGJA.com – Festival jazz  dengan latar sungai Mahakam dan jembatan Mahakam yang bekeberjasama dengan Wartajazz ini  menampilkan 7 band yang berasal dari 5 kota  yakni dari  Samarinda, Bontang,  Yogyakarta, Surabaya, Jakarta dan juga dimeriahkan band  dari luar negeri yakni dari Prancis dan Italia.

Musisi jazz dari Prancis Jhon Sebastian mengatakan, dirinya selalu hadir setiap ada event jazz di Indonesia. Bahkan ke Samarinda sendiri merupakan kunjungannya yang ke dua kalinya."Ini kedua kalinya saya datang ke Samarinda. Dua tahun laku saya juga datang ke Festival Mahakam disini. Saya suka Samarinda karena di sungai Mahakam ini saya lihat buaya pertama kalinya dengan langsung. Terus masyarakatnya juga ramah  dan sangat dengan alamnya,” tegasnya.

Ketika ditanya tentang musik di Indonesia, Sebastian mengaku musik  di Indonesia sungguh mengagumkan. Karena setiap daerah memiliki musik tersendiri sehingga sangat kaya akan jenis musiknya.

Dengan modal keberagaman irama musik tersebut, membuat musik jazz sangat mudah masih ke Indonesia. Serta masyarakat  Indonesia sangat well come dan bisa berkolaborasi dengan musisi asing yangb datang ke Indonesia. "Saya pergi ke beberapa tempat, dan di  setiap pulau yang saya kunjungi dan main musik, mereka  membawa Musik tradisional mereka sendiri. Jadi saya saya rasa Indonesia banyak irama musiknya dan menjadi tempat pertemuan budaya,” tegasnya.

Sebastian  juga sudah mengunjungi beberapa daerah, seperti Banyuwangi, Bromo, Malang, Yogyakarta Batam,  Bali, Bandung, Jakarta, Kalimantan, NTT, NTB. Dari semua daerah tersebut, daerah favoritnya adalah Yogyakarta dan Borobudur.  Karena di wilayah tersebut  bisa menikmati budaya dan candi peninggalan sejarah.

“Saya menyukai Indonesia secara keseluruhan, mulai dari alamnya, budayanya, agamanya yang mayoritas muslim, tempat tempat peninggalan bersejarah, candi- candi, Majapahit. Dari semua tempat itu favorit saya candi Borobudur dan Yogya, setelah itu Ubud Bali,” tegasnya. 

Pengisi acara Festival Jazz Fiesta lainnya dalam Festival Mahakam adalah Gruop Trio dari Yogyakarta.  Adapun personilnya  antara lain Yohanes Gondo,  M. Rinaldi Yamin pada bass dan Wijaya Pambudi pada drums ini mengaku sangat senang mengisi salah satu  acara yang gaungnya  sudah bersifat internasional.“Saya sangat senang ikut dalam Festival Mahakam ini karena sifatnya sudah bersifat internasional,” tegas Gondo.

Dikatakan, pianis jazz asal Yogyakarta yang tahun 1995 mulai menetap di Surabaya dan berguru langsung dengan sang Maestro Jazz BUBI CHEN di SURABAYA tahun 1996-2003. Selama perjalanan belajar piano dengan BUBI CHEN selalu membentuk TRIO dengan formasi piano,Bass & Drum sesuai arahan dari guru piano jazznya yang selalu bertahun tahun mendidik trionya di Surabaya reguler jazz di Surabaya di Sheraton, Westin, Shangrila dan Majapahit Hotel juga Vista Side Walk Cafe Garden. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI