Pandemi Tak Kunjung Usai, Kanal Musik jadi Ruang Kreatif Musisi Yogya

Editor: Ary B Prass

PANDEMI sudah berjalan selama 1 tahun lebih, akan tetapi di masa pandemi ini proses kreatif tidak boleh terhenti walau kita diwajibkan mentaati protokol kesehatan yang akan mengurangi aktivitas untuk ber kolektif sehingga berpotensi menimbulkan kerumunan. Banyak panggung pertunjukan yang ditiadakan. Dalam hal ini Ruang kreatif dapat dibangun dengan memanfaatkan media digital secara daring yang menggantikan panggung pada umumnya. Ruang kreatif pun berubah format pertunjukan live menjadi pertunjukan daring yang dapat dilihat dan diapresiasi khalayak luas kapanpun juga dimanapun.

“Lurah Music adalah tempat dimana proses kreatif perihal musik dan lagu. Bertujuan untuk menjadikan wadah untuk para musisi untuk berdiskusi, berekspresi, dan apresiasi. Oleh sebab itu dalam rangka situasi pandemi Lurah music mengadakan sebuah event yang diberi nama Kanal Musik. Acara ini akan mempersembahkan empat band yang sudah terkurasi. Dengan diadakannya acara ini Lurah Music ingin mewujudkan keinginan membuat suatu wadah bagi band-band dan membangun jejaring para musisi yang ada di Yogyakarta,” ungkap Jaka, salah satu panitia dalam siaran pers yang dikirim ke Redaksi belum lama.

Kanal musik memberi tawaran kepada para musisi Yogya yang berkompeten terhadap karya-karya lagu nya untuk ditampilkan secara daring dan disiarkan melalui kanal youtube dan media sosial. Kanal Musik adalah event yang didukung oleh Dinas Pariwisata dalam rangka apresiasi musik bertujuan untuk memberi ruang dan memfasilitasi suatu karya musik untuk lebih didengar secara luas oleh masyarakat. Grup band yang terpilih melalui open submission lewat media digital Kanal Musik dan lurahmusic.com akan di produksi dengan standar broadcast di Riverside Studio yang cukup dikenal dikalangan musisi Yogya milik seorang musisi senior yang juga pemilik label rekaman DF Music.

Dijelaskan Jaka, pelaksanaan produksi mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan dimasa pandemi. Karya dari masing-masing band yang sudah terseleksi akan dipublish melalui kanal youtube Lurah Music pada tanggal 12 Juli, 19 juli, 25 Juli, dan 2 Agustus dan akan dipromosikan melalui seluruh media sosial dari Lurah Music.(*)

BERITA REKOMENDASI