Perkenalkan, Sesawi Sesawo Orkestra dari Gereja St Jacobus Bantul

GEREJA St Jacobus Bantul mempunyai orkestra yang diberi nama Sesawi. Bukan singkatan tetapi nama biji-bijian dalam alkitab yang meskipun kecil bisa tumbuh menjadi pohon besar dan bermanfaat bagi orang banyak. Sesawi anggotanya anak-anak muda. Kemudian orangtua dari personel Sesawi membentuk Sesawo yang artinya Sesawi Tua.

Penjelasan itu disampaikan oleh anggota Sesawo Christina Sri Purwanti, Jumat (12/6). Purwanti ini multi talenta guru matematika di SMAN 3 Bantul tetapi juga cerpenis dan violis. “Sebenarnya Sesawo Orkestra itu lahir dari suatu keprihatinan,” kata Purwanti. Menurutnya tahun 2013 sudah ada Sesawi orkestra. Pemainnya anak-anak sekitar Bantul usia SD dan SMP.

Mereka sempat pentas di Universitas Negeri Yogyakarta, Jogja Expo Centre, Jogja City Mall dan perayaan Natal/Paskah di Pemda dan gereja-gereja di DIY dan Jateng. Pernah konser besar tahun 2015 di gereja St. Yakobus.

Purwanti menambahkan anak-anak Sesawi digagas dan dilatih oleh Kari Hartoyo (P4TK Kesenian). Karena peserta melimpah ditambah pelatih Fajar Ganif (SMM/SMKN 2 Kasihan Bantul) dan Agustianto (UNY). Rencana th. 2016 akan konser lagi tapi terkendala karena anak-anak Sesawi banyak yang ikut grup orkestra lain dan banyak diboking orkestra lain atau kuliah dan kerja di luar Yogya.

BERITA REKOMENDASI