Rasakan Atmosfir Berbeda di Konser Hutan Forestra

BANDUNG, KRJOGJA.com – Menikmati sajian music orchestra di gedung konservatori itu sudah mainstream. Menonton pentas dengan berbagai alat music itu di tengah hutan, itu baru sensasi langka. Sabtu, (15/9), Orchid Forest Cikole, bakal menggelar Forestra, Forest Orchestra. 

Bayangkan, nada-nada lembut dan harmoni yang dihasilkan dari gesekan violin dan cello. Ketukan suara piano, tiupan saxophone, flute dan clarinet dan getaran trombone, di ruang terbuka. Di atas ketinggian 1.700 meter dari permukaan laut, dengan suhu di bawah 19 derajad Celcius, di tengah hutan pinus. 

“Bagus. Ini ide yang bagus buat market anak-anak muda millenials yang mobile, digital dan interaktif. Orchid Forest Cikole adalah pilot project buat destinasi digital dan nomadic tourism yang didorong Kemenpar, dan sudah saya resmikan 25 Agustus 2018 lalu. Destinasi yang didesain buat anak-anak millenials,” kata Menpar Arief Yahya. 

Sebagai destinasi digital, Orchid Forest Cikole didesain dengan Instagramable, indah di kamera, juga asyik di kenyataannya. Nah, di Nomadic Tourism, ada tiga hal yang semuanya akan diuji coba di Orchid Forest Cikole. Yakni Nomadic Amenities, Nomadic Access, dan Nomadic Attractions. “Forestra atau forest orchestra ini adalah bentuk nomadic attractions, sebuah show atau atraksi yang bisa dipindah-pindah,” ungkap Menpar Arief yang ahli digital ini. 

Sebagai nomadic attractions, model pentas orchestra seperti ini bisa dipindahkan di banyak tempat dengan sensasi yang berbeda. Ada yang di atas bukit atau gunung, di tengah hutan, di tepi danau, di tengah sawah, di tepi pantai dan lainnya. Itulah yang dinamakan nomadic, bisa berpindah-pindah di banyak tempat di mana saja. 

Nomadic Amenities juga sedang dirancang di Orchid Forest. Yakni smart glamcamp, yang akan dibangun di kawasan Cikole itu. Termasuk juga Nomadic Access, yang akan membangun landasan heli sebagai akses dari Jakarta atau dari titik mana saja. “Inilah salah satu contoh pilot project Nomadic Tourism, dan sekarang sudah memiliki Digital Destination,” ungkap Menpar Arief Yahya. 

Bagaimana dengan rencana Forestra? Forest Orchestra, Sabtu, 15 September 2018 nanti? Nomadic Attraction itu? Executive Director Orchid Forest Cikole Maulana Barry Akbar menjanjikan akan memberi suguhan yang keren buat penggemar orchestra dan juga anak-anak muda. 

"Biasanya, orchestra disajikan di venue indoor. Nah ini yang berbeda. Kami akan sajikan konser musik di tengah hutan yang kalau sore dan malam itu berkabut.  Pasti seru dan wajib disaksikan," kata Maulana Barry Akbar, Rabu (12/10). (*)

BERITA REKOMENDASI