Rubah di Selatan dan Stars And Rabbit Wakili Yogya ke World Music Festival

Editor: Ivan Aditya

DUA Band etnic pop Yogyakarta, Rubah di Selatan dan Stars And Rabbit bakal mewakili Yogyakarta ke Matasora World Music Festival di Bandung, Jawa Barat 22-23 Juli 2017 mendatang. Dalam festival musik yang mengangkat isu-isu multikultural dan isu desa-kota, keduanya bakal satu panggung dengan musisi kelas dunia seperti Colin Bass (Inggris), Fade To Blue (Taiwan), Gamelan Shock Breaker, dan Patrick Shaw Iverson (Norwegia).

"Kemarin diundang main ke Matafora World Music Festival. Kami jelas ‘exicted’ banget lah main di sana. Kabarnya lagi yang dari Yogya Rubah dan Star and Rabbit. Semoga bisa lancar dan tampil maksimal di sana," beber Ronie Udara, perkusi Rubah di Selatan.

Rubah di Selatan memang dikenal sebagai band yang terus memperjuangkan isu-isu multikultur dan alam. Banyak lagu mereka yang mengajak pendengar berpikir tentang merawat kebersamaan dan alam sekitar. ‘Lil Fox’ berkisah tentang bagaimana kehidupan seharusnya berjalan harmonis di tengah banyaknya ketidaksamaan. ‘Merapi Tidak Pernah Ingkar Janji’ berkisah tentang kehidupan Gunung Merapi proses komunikasinya dengan warga sekitar. Ada pula ’Water’ yang mengangkat isu sejarah-budaya lewat Selokan Mataram.

"Setiap manggung dan bikin lagu, kami ingin sekali sekaligus mengajak pendengar untuk hidup nyaman di tengah alam dan sesama manusia. Semoga pesan ini bisa sampai juga di World Music Festival," sambung Ronie.

Rencananya, selain konser musik, ajang itu juga mengundang pelaku industri kreatif nasional dan internasional lalu mengampanyekan pemahaman lintas budaya bagi masyarakat. Ajang ini mengambil konsep Woodstoock yang digelar di Amerika tahun 1969. Di Woodstock yang digelar 30 tahun satu kali itu mampu menghasilkan banyak perubahan pandangan dan budaya di Amerika. Salah satu yang cukup sukses adalah mampu mengakhiri perang Vietnam.  Di Inggris , festival seperti WOMAD yang diinisiasi oleh Peter Gabriel sejak 1982 telah mampu merubah perspektif masyarakat tentang rasisme. (Des)

BERITA REKOMENDASI