Sarat Petuah, Lagu A Rafiq Diyakini Bakal Ngetrend Lagi

LAGU-LAGU melayu yang dipopulerkan A Rafiq sekarang ini kembali ngetrend dan dirindukan penggemarnya. Bahkan yang mengaketkan, justru banyak penggemarnya kalangan muda yang justru pada saat lagu itu tenar mereka belum lahir. Hal ini ditegaskan oleh Lufvijay, keponakan A Rafiq.

Lutvijay adalah putra dari A Shadiq, adik A Rafiq yang dulu juga dikenal sebagai pelantun tembang Melayu di era tahun 1970an. Lutvijay memaparkan bahwa lagu-lagu A Rafiq ternyata masih diminati dan abadi di kalangan pecinta lagu melayu atau dangdut. Ini dia buktikan ketika manggung di beberapa panggung pertunjukan bersama OM Sinar Mutiara Muda, ternyata masih banyak yang mengharapkan lagu-lagu yang pernah dibahawakan A Rafiq dinyanyikan kembali. “Setelah saya tanya kenapa mereka senang, ternyata jawabnya lirik dan irama lagunya yang menarik dan asyik buat berjoget,” ungkap Lutvijay, Minggu (23/2/2020) di Semarang.

Di satu sisi, beberapa kalangan seperti Sholeh Anwar, yang berprofesi sebagai guru pendidik di SMP Islam Sultan Agung Semarang mengatakan bahwa lagu-lagu karya A Rafiq tidak saja memiliki irama yang indah dan syahdu, melainkan juga banyak berisikan petuah-petuah yang luar biasa. “Mengingatkan kita akan ajaran-ajaran dalam agama, mengajak kita cinta kepada keluarga, istri dan persaudaraan. Juga mengajak kita menjauhi dari judi dan minuman keras. Petuah-petuah dalam lagu inilah yang masih relevan dibutuhkan sampai kapan pun oleh umat manusia. Orang diajak bersuka ria dengan lagu, namun juga diajak untuk menghayati isi lagunya,” ungkap Sholeh Anwar, penggemar dan juga pengamat lagu melayu dari Semarang.

Lutvijay pun membenarkan apa yang disampaikan oleh Sholeh Anwar, yang juga salah satu sosok yang pernah aktif di Orkes Melayu Sinar Mutiara, jauh sebelum diaktifkan lagi menjadi OM Sinar Mutiara Muda. Karena masih ada minat terhadap lagu-lagu melayu, khususnya yang dicipta dan dibawakan A Rafiq, muncullah kembali OM Sinar Mutiara yang kini dibawakan para generasi barunya. Orkes yang baru lahir ini pun bernama OM Sinar Mutiara Muda dibawah pimpinan Sholeh Emde.

Lagu-lagu Arafiq yang sarat petuah antara lain, Pantun Judi, Insyaflah,Penyesalan, Korban Fitnah, Penyesalan, Keluhan Jiwa dan banyak lainnya ini dipandang masih relevan dilantunkan sekarang ini. Isinya banyak mengingatkan manusia akan budi pekerti dan sifat-sifat mulia.

Karena itu menurut Lutvijay dan kakaknya, Moch Taufiq, lagu-lagu Melayu A Rafiq akan terus dilestarikan dengan cara dibawakan dalam setiap pentas OM Sinar Mutiara Muda. “Alhamdulillah sekarang ini di Semarang juga sudah terbentuk komunitas pecinta dan penggemar lagu-lagu A Rafiq. Sehingga kita mudah menyampaikan petuah-petuah melalui lagu,” papar Moch Taufiq.

Sholeh Emde, dedengkot sekaligus pimpinan OM Sinar Mutiara Muda pun sangat setuju dan sepakat. “Konsep kita bermusik tidak melulu pada mengejar kesenangan untuk bergoyang dan sebagainya, akan tetapi ada sesuatu yang disampaikan. Pesan dalam lagu itu harapannya bisa mempengaruhi masyarakat. Karenanya kita berharap Musik Melayu yang kita unsung ini harus tetap memiliki martabat dan menggambarkan karakter sebagai musik Melayu Indonesia,” ungkap Sholeh Emde. (Cha)

BERITA TERKAIT