Semesta Bersama Tyagasvara di Single ke-2 ‘Potong Padi’

Editor: Ary B Prass

KEHIDUPAN dibangun lewat banyak tanda semesta. Lewat gerimis yang menghimpun fragmen singkas masa silam, badai yang mengantar gigil, atau sengat yang membakar kulit. Pun pandemi. Tanda yang mengantar banyak peristiwa yang diinterpretasikan secara berbeda. Ia adalah peristiwa memilukan, tragedi yang jauh lebih menyesakkan dari sandiwara Yunani. Ia juga tamparan kecil, bahwa orang-orang mesti selaras dengan alam.

Tyagasvara berada di pusaran tanda-tanda itu. Bentuk lain dari Danny Eriawan itu membaca pandemi sebagai tanda ke-2. Bahwa manusia diajak kembali selaras ke alam setelah dekam ketakutan yang memberi jarak. Ia menaruh interpretasi itu lewat single ke-2 yang dirilis 22 Februari 2022 bersama video musik berjudul “Potong Padi”.

Tyagasvara memindahkan tanda-tanda itu ke bunyi bersama Jako Siena. Jaeko juga yang menggarap video musik di area persawahan Kulon Progo.

“2020 dan 2021 adalah tahun penuh tantangan. Tahun yang memaparkan banyak jalan, memilah lalu memilih perilaku. ‘Potong Padi’ disusun dari banyak energi positif, tanda bahwa tahun ini adalah kelahiran kedua. Artinya kita harus lebih bekerja keras untuk memulai kehidupan baru. Ditandai di sawah, tempat semua energi bertemu,” kata Tyagasvara.

BERITA REKOMENDASI