Sukses Digelar Penuh Keterbatasan, Festival Musik Tembi Raih Antusiasme Tinggi

FESTIVAL musik tahunan yang digelar selama sepekan pada 25 – 31 Oktober 2020 di Tembi Rumah Budaya sukses digelar meskipun dalam kondisi terbatas karena pandemic Covid 19. Hal ini terlihat dari banyaknya pendaftar musisi Musik Tradisi Baru bahkan terjadi kenaikan sebesar 30% dari tahun-tahun sebelumnya.

Menurut PIC Festival Musik Tembi (FMT 2020) Nikita Ariestyanti, Festival kali ini tidak bisa dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya karena situasinya yang berbeda, namun terdapat perbedaan yang signifikan, ada kenaikan sebesar 30% dari tahun sebelumnya. Biasanya yang mendaftar hanya 12-15 kelompok, tahun ini mencapai 31 karya yang didaftarkan di program Musik Tradisi Baru, menurut kami itu menjadi poin yang sangat penting yaitu ternyata antusiasme dan ketertarikan musisi tradisi baru untuk memasukan karya cukuplah besar.

Tidak dipungkiri menyelenggarakan festival di tengah pandemi tentu saja banyak kendala terlebih di komunikasi karena Sebagian besar produksi dilakukan di luar Yogyakarta. “Kita butuh effort lebih dalam komunikasi. Contohnya ada salah pengisi berasal dari Bengkulu yang lokasinya tujuh jam dari kota untuk mendapatkan jaringan. Namun itu bukan merupakan halangan, karena dari sini kita tetap bersiasat bagaimana tetap berkomunikasi satu dengan yang lainnya,” tutur Nikita.

BERITA REKOMENDASI