Tanah & Friends Belajar Mencintai Musik

Editor: Ary B Prass

BERMULA dari seorang anak berkebutuhan khusus yang jago banget main drum. Awalnya memang Tanah Liat mengcover lagu-lagu musisi nasional hingga internasional. Di situ Tanah sangat menguasai pola ritem dan beat pada musik yang di covernya. Proses kreatif dan waktu terus berjalan, hingga kemudian Tanah membentuk band bernama Tanah & Friends. Grup anyar ini mencoba belajar untuk memproduksi karya orisinal sendiri. Ini memang tidak gampang, dan agak sulit mencari metode.

“Nah agar rencana dan usaha dalam grup berjalan baik, meski butuh waktu lama, tapi justru di dalam pergaulan kreatif tersebut kami menjalani proses musik dengan selalu happy. Juga saling support dalam prosesnya, serta saling memahami sesama,” kata May Mawar, gitaris Tanah & Friends dalam siaran pers yang dikirim ke Redaksi KRJogja.com.

Menurut May, Tanah & Friends adalah group kreatif berawal dari proses belajar mengajar tentang musik yang dikhususkan pada satu instrumen musik yaitu drum secara private kepada Tanah Liat yang berkebutuhan khusus. Semua dukungan diberikan untuk Tanah Liat, terutama datang dari sang ibu Trisni Rahayu dan ayahnya Ugo Untoro. Kedua pasutri ini tidak pernah putus untuk membimbing dan mengikuti dalam setiap proses bermusik Tanah. “Adanya Tanah membuat kami berempat belajar kepadanya tentang mencintai musik, tentang kekhusukan bermain musik terutama drum yang harus senang dan bahagia,” terang May.

Tanah & Friends terdiri atas Tanah Liat (drum), Denny Dumbo (gitar akustik, vokal), May Mawar, (lead gitar), Dodi Irwandi (bass) dan Regita Mayu (vokal, backing vokal). Awal tahun ini mereka berlima menawarkan karya-karya orisinal mereka ke publik. “Karya kami didasari proses workshop, dalam pembuatan lirik kami saling menyumbang teks satu sama lain, sampai pada beberapa pemangkasan teks, hingga jadi sebuah lagu. Setelah lirik dan lagu jadi, kami beranjak pada proses selanjutnya yaitu mencari akord, rithem, melodi, birama dll. Memang tidak ditentukan waktunya, tapi ditentukan bakal jadi satu bentuk komposisi musik lagu,” terang May.

BERITA REKOMENDASI