Ternyata Musik Klasik Enak Dinikmati

MUSIK klasik enak untuk dinikmati, itu alasan Shaina Abellona Harliano kelas 8 SMPN 5 Yogyakarta mempelajari gitar klasik. Bersama dengan Sasana Hinggil Dwi Abad kelas 9 mewakili Kota Yogyakarta dalam ajang Festifal Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat DIY tahun 2022. Shaina dan Hinggil meskipun beda tempat les, namun karena sama-sama gitar klasik bisa dengan cepat kompak tampil bersama.

“Selain klasik, saya juga suka musik pop,” kata Shaina di SMPN 5 Yogyakarta, Jumat (5/8/2022). Les privat lebih fokus kepada teknik bermain gitar. Shaina bersama Hinggil menjadi juara FLS2N Kota Yogya untuk duet gitar klasik. Itu pula yang membuatnya tampil duet pada ajang pembukaan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Kota Yogyakara di Taman Pintar, Juli kemarin.

Dalam lomba, duet tersebut memainkan dua lagu masing-masing : ‘Studi No 1’ dan ‘Tenang’. Posisinya dalam lomba bergantian, sebagai gitar melodi dan gitar accord (rythem). Jadi kemampuan mereka berdua harus imbang untuk menjaga kekompakan. Menurut Shaina butuh waktu dua bulan mereka mempersiapkan diri dengan pelatih Aditya Candra Wisesa. Kebetulan saat persiapan tersebut sekolah sedang libur semester akhir, jadi bisa berlatih di sekolah pagi hari. Hasilnya lolos tingkat Kota Yogya dan siap untuk maju tingkat DIY dan berharap bisa sampai tingkat nasional.

Shaina sendiri mengaku ingin menjadi musisi dan penyanyi. Itu sebabnya les privat gitar klasik. Untuk mata pelajaran Shaina menghadapinya sama. Karena semua memang harus dikuasai.

Sementara Kepala SMPN 5 Yogyakarta Siti Arina Budastuti MPd BI mengomentari prestasi siswanya sebagai kecerdasannya komprehensif. Lengkap bukan hanya yang akademis yang non akademis siswa SMPN 5 Yogya juga mempunyai kemampuan. Itu terbukti berhasil menjadi juara dalam lomba akademis maupun non akademis. (War)

BERITA REKOMENDASI