The Secret Ingin Ungkap Rahasia-rahasia

Editor: Ary B Prass

PIYU masih bermusik. Kali ini gitaris Padi itu menggandeng Makki dan Rowman bassis dan dramer Ungu. Mereka menamakan diri The Secret, format band dengan dua vokalis wanita cantik dan jenis-jenis musik yang variatif. 

Piyu dan Makki, ternyata teman satu SMA dan sudah ngeband bareng sejak mereka kelas 1. Nama band mereka saat itu adalah Night Boys. Makki hanya bergabung satu tahun di Night Boys karena saat kelas 2 SMA ia pindah ke Jakarta. 

Lama tidak bertemu, Piyu kemudian membentuk Padi. Setahun setelah Padi terbentuk, Piyu bertemu Makki yang ternyata juga membentuk Ungu. Kedua sobat SMA itu pun disibukkan dengan kegiatan masing-masing sampai pada 2011 mereka dipertemukan dalam satu panggung di Jogja. Saat itu Piyu dan Makki sempat mengobrol tentang keinginan membentuk proyek band bersama, tapi keinginan tersebut hanya rencana semata. 

Pada 2013, dengan mengajak Makki, Piyu membentuk The Frontmen yang sempat beberapa kali manggung termasuk di acara TV special. Akhirnya pada awal tahun ada salah satu perusahaan rokok yang siap mensponsori proyek tur band yang kemudian berganti nama menjadi The Secret ini. The Secret kemudian tur di enam kota dengan sambutan penonton yang terlihat luar biasa antusias.

Musik The Secret terdiri dari bermacam-macam genre. Mulai dari gabungan jazz dan rock atau funk reggae ballad, sampai elektronik dan urban pop. Karakter yang berbeda di antara personelnya saling melengkapi di dalam musik The Secret. Begitu pula range vokal yang dimiliki vokalis mereka yang sangat lebar yang memudahkan Piyu menulis liriknya dengan berbagai macam ide layout cerita. Adanya saxophone dalam musik mereka membuat nuansa 80's dan kaya instrument dalam meramu  aransemen musiknya. Dengan karakter ini, akan selalu ada ‘rahasia’ tak terduga dalam setiap single yang The Secret rilis. 

 Pemilihan nama dan konsep The Secret pun sesuai dengan misi dan filosofi yang ingin mereka sampaikan. The Secret ingin supaya kita mulai terbuka terhadap banyak rahasia di muka bumi ini, baik tentang alam semesta ilmu pengetahuan atau tentang masa depan. Istilahnya menjadi terbuka terhadap dunia yang kita tempati. Tidak hanya berkutat atau memegang gadget dan menghabiskan waktu chat bercengkrama di sosial media sampai mengabaikan keingintahuan kita akan hal-hal yang masih menjadi rahasia di bumi ini.

Kesamaan bermusik dan ingin bereksperimen lebih di luar yang pernah mereka lakukan di band masing-masing atau proyek-proyek sebelumnya, adalah hal-hal yang menyatukan personel The Secret. Mereka pun berharap bisa sama-sama belajar dengan calon penggemar untuk mengetahui rahasia-rahasia alam semesta ini. 

“The Secret adalah project band yang dirahasiakan personelnya dan ingin mengetahui rahasia alam semesta melalui lirik-liriknya. Generasi kita saat ini sudah terlena dengan gadget dan teknologi informasi yang sangat cepat. Namun sudah jarang membeli buku atau berdiskusi tentang hal-hal yang ingin kita ketahui di luar apa yang kita pelajari, baik di sekolah, bangku kuliah, atau lingkungan tempat kerja. Di luar itu kita hanya berkutat dengan gadget atau chat melalui sosial media, sedangkan hal-hal lain seperti rahasia-rahasia alam semesta sudah kita acuhkan,” ujar Piyu yang mengungkapkan bahwa dirinya tidak terlalu ingin mengungkap siapa itu The Secret. 

“Orang-orang gak perlu tahu latar belakang musisi di balik The Secret. Kami gak mau orang tahu siapa musisi yang bikin musik atau lagu-lagu The Secret. Kami juga menghindari narcissism disorder, seperti seseorang di sini yang sudah terkenal dikit-dikit maunya pengen tampil eksis selalu,” tutup Piyu dalam siaran pers yang dikirim ke Redaksi KRjogja.com.(*)

The Secret
First single: SEMESTA (Sayang Lepaskan Aku)

Revealing The Secret
Instagram: the_secret_band
Twitter: the_secret_band
https://www.facebook.com/thesecretbandofficial

BERITA REKOMENDASI