Ultah ke-15, The Rain Rilis Album ‘Jabat Erat’

Editor: KRjogja/Gus

TAHUN ke 15 adalah salah satu cara terbaik untuk merayakan perjalanan lima belas tahun yang ajaib dari sebuah band. Ada banyak cara yang pernah dilakukan sebuah band selain membubarkan diri secara tiba tiba dan menjadi legenda yaitu dengan merilis karya baru atau bisa saja kombinasi keduanya. Seperti yang dilakukan personel The Rain yang memilih untuk merilis karya baru dalam peringatan hari jadinya.

The Rain merilis sebuah album yang dikerjakan selama tiga tahun. Selama tiga tahun itu pula kuartet asal Jogja ini merilis trilogi single 18 November. Tiga buah  single yang dirilis di tanggal ya ng sama selama tiga tahun berturut turut. Terlatih Patah Hati (2013), Gagal Bersembunyi (2014) dan Penawar Letih (2015).

Jika pernah melihat penampilan The Rain dipanggung, besar kemungkinan akan mendengar teriakan 'Jabat Erat' itu saat mereka pamit untuk turun panggung. Sebuah salam yang tanpa direncanakan akhirnya menjadi salah satu ciri khas mereka, dan kini dijadikan judul album terbaru The Rain.

Mendengarkan album ini seperti membaca novel. Barisan kata kata lugas dan puitis yang saling bertubrukan. Menggelitik dan mengaduk emosi di saat yang bersamaan. "Untuknya aku rela menulis ulang mimpi-mimpiku," senandung Indra Prasta di salah satu lagu.

Untuk urusan sound dalam album ini meskipun terdengar matang, namun tidak menghilangkan unsur spontan dan "mentah" yang juga menjadi sumber energi  band ini. Di lagu Berkunjung ke Kotamu yang dijadikan single terbaru, band yang tidak pernah berganti personel ini memadukan nuansa 60 an dan 90 an. (*)

 

BERITA REKOMENDASI