V1MAST Bertolak ke World Music Festival 2016

V1MAST, band yang digawangi Viza K. Mahasa (vokal, gitar, dan gamelan) dan beranggotakan Vais Randi (drum) tidak cepat puas setelah mengantongi predikat Performer Terbaik Festival Musik dan Budaya Internasional, Dukat Fest 2016 bulan Juni lalu di Banja Luka, Bosnia dan Herzegovina. Band yang terbentuk kurang dari 1 tahun ini sudah terpilih lagi untuk mewakili Indonesia. Kali ini di festival musik terbesar yang diadakan di Praha, World Music Festival. Festival ini berlangsung tanggal 24-29 Agustus 2016.  

Berawal dari mengirimkan aplikasi yang berisi profil, lagu, dan video performance ke European Association of Folklore Festivals (EAFF), tanpa waktu panjang EAFF langsung memberikan persetujuan atas keikutsertaan V1MAST dalam ajang musik tingkat dunia tersebut. “V1MAST senang karena bisa menambahkan lagi prestasi taraf internasional dan lebih berani mengeksplor musik Indonesia, menambahkan lagi elemen etnik, namun masih sangat pop, bahkan nge-rock”, kata Viza dalam siaran persnya yang diterima KRjogja.com, Jumat (26/8/2016).  

Kegiatan selama di Praha diawali dengan undangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Praha. V1MAST akan tampil dalam acara Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-71 yang dibuat oleh Bapak Duta Besar RI untuk Ceko, Bapak DR. Aulia A. Rachman. Penampilan kemudian dilanjutkan di Praha, parade, dan jamuan kenegaraan lainnya. World Music Festival ini diikuti oleh banyak negara antara lain Israel, Turki, Italia, India dan Bolivia.  

Dukungan penuh turut datang dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia. “Kami mendukung penuh V1MAST dan berharap V1MAST dapat mempromosikan karyanya di pasar internasional sehingga musik Indonesia dapat dikenal di mancanegara”, ungkap Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri, DR. Ir. Bonifasius Wahyu Pudjianto, MT sehari sebelum V1MAST bertolak ke Praha.

“Kemerdekaan Indonesia yang ke-71 membawa rasa khusus untuk saya dan Vais, selain diundang untuk perform di benua tetangga, makin buat kita cinta sama Indonesia, kami juga ingin titip pesan buat semua masyarakat Indonesia bahwa jangan takut bermimpi dan mahirlah dalam mengeksekusi, kami sudah buktikan, dan pastinya banyak lagi prestasi yang bisa diraih Indonesia kalau anak mudanya mau mengikuti passion,” tambah Viza. (*)

 

BERITA REKOMENDASI