Yogyakarta Gamelan Festival, Penonton di Ajak Ke Luar Angkasa

SLEMAN, KRjogja.com – 22nd Yogyakarta Gamelan Festival 2017 telah digelar 3 hari berturut-turut, 21-23 Juli 2017 di PKKH UGM. Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) sendiri adalah festival internasional yang mewadahi pertemuan pemain dan pecinta gamelan dari seluruh dunia. 

Tahun ini, YGF diikuti peserta dari Perancis dan Australia serta beberapa kota di Indonesia seperti Temanggung, Malang, dan Yogyakarta sebagai tuan rumah. Pada tahun 1995, YGF pertama kali digelar dan diprakarsai oleh Sapto Raharjo. Gagasan ini muncul lantaran melekatnya stigma negatif pada gamelan yang dimaknai dengan hal mistis dan berbau orang tua. Gamelan kemudian dianggap tak memiliki potensi bagi anak muda.

Melalui YGF kali ini, penonton diajak untuk ‘keluar angkasa’ dengan performance "Gamelan Signal to Outer Space”, machine by ISSS (Indonesia Space Science Society). Menggunakan instalasi pemancar sehingga audionya dipancarkan keluar angkasa dan kembali dalam bentuk digital.

"Harapannya agar gamelan mulai meluar angkasa. Kalau mendunia sudah biasa. Luar angkasa dimaknai tidak ada batasannya. Menunjukkan bahwa imajinasi juga jangan dibatasi,” ujar Ari Wulu, Program Director YGF.

Sudah saatnya YGF patut disejajarkan dengan festival kelas dunia lainnya, mengingat acara ini telah dikenal setidaknya di 36 negara. (MG 19)

BERITA REKOMENDASI