Pertama di Yogyakarta, Pustakawan Gelar Pameran Rupa Sastra

user
Ary B Prass 10 Oktober 2021, 11:47 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com- Kelompok sastrawan, pustakawan dan perupa berasal dari DIY dan sekitarnya menggelar Pameran  Rupa Sastra di Sor Munggur, Studio Seni Lukis SMSR Yogya, Jln Bugisan- Madukismo selama 5 hari mulai Sabtu hingga Rabu (9-13/10/2021) dibuka selama jam kerja.

Pameran dalam rangka peringatan hari Literasi Nasional 2021 ini dibuka oleh Ketua PD Ikatan Pustakawan Indonesia DIY, Sarwono SIP MA , Sabtu (9/10) dihadiri para peserta pameran yang lebih dari 40 orang.

Menurut Sarwono, pameran rupa sastra seperti ini baru pertama kali di Yogyakarta dan pameran seperti ini memang penting . Karena pesertanya beragam, ada siswa sastrawan pemula, ada rektor, dosen, pensiunan, perupa bahkan ada ibu rumah tangga.

"Jenis karyanya juga bermacam-macam ada cerita anak, esai, puisi dan karya lainnya.  Sehingga bisa menjadi ajang mengasah diri dan meningkatkan literasi masyarakat sesuai yang  digaungkan pemerintah dalam mewujudkan karya sastra," ungkap Sarwono.

Menurut Sarwono, sastra adalah ungkapan , ekspresi manusia berupa karya tulis atau lisan berdasarkan pemikiran, pendapat, pengalaman hingga ke perasaan dalam bentuk yang imajinatif, cerminan kenyataan atau data asli yang dibalut dalam kemasan estetis melalui media bahasa sehingga terbentuk gambaran konkrit yang membangkitkan pesona dengan alat bahasa.

Sementara Subandi selaku ketua penyelenggara menjelaskan, dengan pameran ini , supaya ada juga yang lain, utamanya sekolah-sekolah melakukan gerakan literasi agar bisa berkembang dan diharapkan bisa menggugah masyarakat dan siswa sekolah gemar menulis dan membaca.

"Pameran ini semula hanya ditarget 10 peserta, tetapi ternyata yang ikut cukup banyak sehingga terselenggara dengan peserta lebih dari 40 orang dari berbagai kalangan. (Jdm)

Credits

Bagikan