Final Indonesia Menari Virtual 2021, Gandeng Tiga Koreografer Berprestasi

user
Ary B Prass 07 Oktober 2021, 13:27 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Indonesia Menari Virtual 2021 yang dipersembahkan www.indonesiakaya.com sejak 1 September lalu, telah memasuki babak semifinal. Babak semifinal yang berlangsung 25 -29 September, telah diikuti 100 peserta terpilih dari masing-masing kategori. Dari 100 peserta, akan dipilih 20 peserta terbaik dari tiap kategori untuk mengikuti babak final pada Minggu, (10/10/2021) dan dapat disaksikan virtual di YouTube IndonesiaKaya pukul 13.00 WIB yang juga bertepatan dengan HUT ke-8 Galeri Indonesia Kaya dan HUT ke-3 Taman Indonesia Kaya. Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com, menyebut walau diselenggarakan virtual, antusiasme para peserta dalam kegiatan ini tidak kalah tinggi dengan Indonesia Menari sebelumnya.

"Dapat dilihat dari total pengunggah dalam babak penyisihan yang mencapai lebih dari 9000 peserta dari keseluruhan kategori. Tak hanya itu, 85 persen peserta kali ini, merupakan peserta baru pertama kali mengikuti dan berasal dari Aceh, Natuna, Baubau, Jailolo, Labuan Bajo, Nabire dan masih banyak lagi," ungkap Renitasari. "Semoga kegiatan Indonesia Menari Virtual 2021 ini dapat semakin mendekatkan masyarakat dengan kesenian Indonesia, terutama seni tari dan membuka kesempatan lebih luas kepada masyarakat Indonesia untuk ikut memeriahkan babak final," tegasnya.

Indonesia Menari Virtual 2021 ini menggandeng tiga koreografer berprestasi lintas generasi yaitu Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto dan Ufa Sofura yang sekaligus sebagai juri utama. Eko Supriyanto mengungkapkan ini merupakan kali kedua baginya menjadi koreografer dalam Indonesia Menari.

"Dengan memberikan sentuhan kontemporer bernuansa tradisi unik, kali ini saya diberi kesempatan berkolaborasi bersama Didik Nini Thowok dan Ufa Sofura menciptakan koreografi indah dan juga terbaik," kata Eko. "Semoga perpaduan karya kami dapat diterima dengan baik para peserta dan masyarakat," harapnya.

Saat babak final para peserta dan penikmat seni akan dihibur penampilan Rizky Febian, Galabby, Louise serta Jane Callista. Kegiatan yang akan dipandu Dimas Danang dan Feli Sumayku tersebut juga akan menghadirkan Asmara Abigail yang berperan sebagai juri tamu. Indonesia Menari merupakan kegiatan tahunan dari www.indonesiakaya.com yang dimulai sejak 2012. Pada 2019,  Indonesia Menari sukses dilaksanakan serempak di Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Medan, Makassar dan Palembang. (Sal)

Kredit

Bagikan