Serial Musikal Nurbaya Diangkat ke Panggung Drama Musikal

user
Ary B Prass 29 Juni 2021, 10:55 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Serial Musikal Nurbaya 6 episode akan tayang perdana Kamis, (1/7/2021) pukul 19.00 di kanal YouTube IndonesiaKaya dan diunggah satu episode setiap minggunya.

Serial musikal ini diadaptasi dari novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli yang penayangannya bekerja sama dengan Garin Nugroho, kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN) dan BOOW Live. Serial ini seluruhnya diisi pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online pencarian para seniman-seniman muda berbakat Indonesia yang dimulai sejak Desember 2020 melalui program online Mencari Siti.

Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com menyebut Serial Musikal Nurbaya adalah proses panjang untuk semua yang terlibat dalam pembuatannya. Ada banyak cerita menarik selama proses pembuatan musikal online ini, mulai dari  pertama kalinya audisi online, pemilihan casting dari begitu banyak bakat-bakat yang turut serta hingga penerapan protokol kesehatan dimana seluruh kru dan pemain wajib antigen 2 kali seminggu.

"Set dan penataan ruang dalam Serial Musikal Nurbaya ini dilakukan para ahli dalam studio kosong, sampai akhirnya menjelma menjadi dunia Nurbaya yang penuh cerita dan lagu,” ujar Renitasari, Senin (28/6/2021)

Naskah cerita ini ditulis Chriskevin Adefrid (TEMAN) bekerja sama dengan Latifah Maurinta, Veronica Gabriella, Ilya Aktop yang terpilih melalui workshop Mencari Penulis dan mengikuti masterclass online bersama Garin Nugroho dan Nia Dinata pada akhir tahun yang lalu.

Siti Nurbaya yang merupakan tokoh utama perempuan dalam serial musikal ini diperankan Arawinda Kirana, aktris muda yang telah memenangkan nominasi Aktris Pendatang Baru Terpilih dalam Piala Maya 2020. Samsul Bahri diperankan oleh Bukie Mansyur, seorang penyiar radio, DJ dan produser yang telah menuangkan minatnya pada dunia teater melalui komunitas teater musikal di kampusnya. Sedangkan tokoh antagonis Tuan Meringgih diperankan Bima Zeno Pooroe.

Tak hanya 3 karakter utama, Serial Musikal Nurbaya memiliki banyak sekali karakter-karakter menarik, antara lain Nola Be3 sebagai Etek Rahma, Galabby sebagai Isabella, Jessica Januar sebagai Siti Alimah, dan kehadiran penyanyi Minang legendaris Elly Kasim. Karakter-karakter ini memperkaya cerita Nurbaya, yang berawal dari konsep panggung yang kemudian diterjemahkan menjadi sebuah serial film musikal.

Serial Musikal Nurbaya ini merupakan proyek kolaborasi dengan banyak pihak. Keseluruhan proses Serial Musikal Nurbaya ini mulai dari musik, tari, kostum sampai pengambilan gambar merupakan jerih payah seniman di belakangnya.

"Semoga produksi terbaru ini dapat memberikan warna baru bagi penikmat seni di Indonesia dan menggugah para generasi muda untuk mengulik berbagai karya sastra Indonesia yang luar biasa,” pungkas Renitasari. (Sal)

Credits

Bagikan