'Nyaman di Sawah' Konten Youtube Anang Batas yang Unik

user
danar 30 Juli 2020, 10:40 WIB
untitled

KREATIVITAS seniman nampaknya tak bisa dibendung meski bencana seperti Covid-19 menghadang. Mereka tetap berkreasi, dengan media apa saja. Daring banyak dipilih untuk menumpahkan karya. Seniman serba bisa Anang Batas misalnya, belakangan ini mengisi hari-harinya dengan membuat konten Youtube. Anang belakangan membesut acara 'Nyaman Di Sawah' yang merupakan singkatan dari Nyantai Bersama Anang Batas di Senja Nan Mewah. Ini adalah sebuah gerakan berkesenian untuk kebersamaan diruang terbuka.

Bagi Anang, hal ini dipakai sebagai media berekspresi, bersilaturahmi dan kolaborasi lintas genre seni, lintas generasi dan lintas profesi. "Idenya sederhana, memanfaatkan ruang terbuka di depan rumah, pinggir sawah. Inilah gambaran pemandangan suasana keseharian saya. Dengan konsep live streaming melalui youtube.anangbatas.com yang bisa disaksikan dari mana saja," kata Anang Batas, saat ditemui belum lama ini.

Menurutnya, naluri jiwa seni tak harus terbatasi oleh situasi dan kondisi. Keinginan berkarya tak harus terhenti karena keadaan yang sedang menerpa. Berkarya bisa di mana saja, di ruang terbuka, di tepi jalan dengan latar belakang sawah pun bisa. Disinilah akan menemukan konsep keindahan perpaduan dengan alam semesta.

Pada episode perdana 'Sabtu Senja' yang berlangsung 25 Juli 2020 lalu, acara ini menampilkan Sri Krishna featuring Denny Dumbo dan Iwank Sambo di musik, Ledek Sukadi pada seni lukis, Yan Jangkrik pada puisi. Ditambah Riza Dexter yang mengiringi saya mengantarkan acara.

"Semua ini diinisiasi swadaya dengan didukung teman-teman yang peduli kebersamaan, akhirnya terwujud acara sederhana ini. Harapannya akan ada kelanjutan program ini, menjadi rutin setiap Sabtu senja. Tentu saja, kami memerlukan dukungan banyak pihak agar bisa berkelanjutan," jelasnya.

Anang melanjutkan, untuk episode kedua 'Nyaman Di Sawah', akan digelar Sabtu (1/8/2020) yang akan diisi oleh para GM (General Manager) perempuan beberapa hotel di Yogyakarta. Formatnya ada nyanyian, baca puisi juga melukis on the spot. Acara ini live di youtube.anangbatas.com. (*)

Credits

Bagikan